Blog

18 Desember 2017

Stikes dan PMI Banyuwangi Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Posko Gunung Agung Bali

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi tidak sekedar membekali mahasiswanya secara teoritis, tetapi juga mendorong seluruh civitas akademikanya untuk mampu mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi ke tengah – tengah masyarakat sebagai perwujudan keterpanggilan perguruan ini untuk ikut serta dalam memberikan layanan kesehatan. Kali ini tim relawan Stikes Banyuwangi yang terdiri dari dosen dan UKM Korps Suka Rela (KSR), bekerjasama dengan PMI Kabupaten Banyuwangi dan PMI Provinsi Bali berkesempatan untuk melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada pengungsi erupsi di Posko Gunung Agung, Bali pada 16-24 Desember 2017.

Koordinator tim relawan dari Stikes Banyuwangi, Ahmad Efendi mengatakan, pihaknya memberikan pelayanan kesehatan di beberapa titik pengungsian yaitu di Posko Rendang, Posko Sangkan Gunung, dan Posko Banjar Yehe Sanggem. Tim relawan PMI Kabupaten Banyuwangi terdiri dari dokter yang bertugas di Dinas Kesehatan, perawat dari PMI dan Stikes Banyuwangi, serta relawan PMI yang sudah terlatih di manajemen tanggap darurat bencana. “Setiap pagi tim relawan dari Stikes dan tim relawan lainnya harus koordinasi untuk pembagian tugas dan posko,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Pembina UKM KSR itu.

Ketua Stikes Banyuwangi, Dr. H. Soekardjo mengapresiasi kegiatan bakti sosial tersebut. Dikatakan, institusinya selalu menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat (pengabmas). Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis itu sebagai implementasi institusinya dalam memberikan ilmu kesehatan kepada para mahasiswa. “Alhamdulillah. Stikes Banyuwangi masih berkomitmen untuk turut andil dalam kegiatan sosial ke tengah – tengah masyarakat. Setelah baksos banjir dan longsor di Pacitan, kali ini kami kembali diberikan kesempatan untuk pengabmas di Posko Gunung Agung. Terima kasih kami ucapkan kepada para relawan Stikes dan jangan lupa jaga kesehatan,” ucap Soekardjo. (Humas)

Berita Utama
About admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *