Blog

20 Desember 2017

UKS Stikes Deklarasikan Jajanan Sehat

Ketua Stikes Saat Menandatangani Deklarasi Jajanan Sehat

Seminar nasional Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bertajuk “UKS Adalah Investasi Bangsa”, yang digelar di auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi berlangsung menarik pada Sabtu, 16 Desember 2017.  Pemateri dalam seminar nasional tersebut adalah Tim Pembina UKS Nasional yaitu Drs. Susanto, dan Tim Pembina UKS Provinsi Jawa Timur, Agus Irianto. Selain mengadakan seminar nasional, acara tersebut juga dirangkai dengan Deklarasi Jajanan Sehat yang diikuti mahasiswa Stikes Banyuwangi, Puskesmas se-Kabupaten Banyuwangi, dan sekolah binaan UKS Stikes yaitu SMA 1 Genteng dan SMK Visi Global, selanjutnya pernyataan tersebut ditandatangani oleh Ketua Stikes dan Tim Pembina UKS Nasional.

Pembina tim promotor UKS Stikes Banyuwangi, Pipit Hariyono, S.Kep mengatakan, tujuan digelarnya acara seminar tersebut untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam hal pelaksanaan program UKS nasional agar ikut serta dalam menyebarluaskan informasi program UKS di Kabupaten Banyuwangi, sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain Deklarasi Jajanan Sehat, pihaknya juga mengikrarkan 8 Golongan UKS seperti rokok, kenakalan remaja, narkoba, kehamilan pra nikah, HIV/AIDS, kecacingan dan hepatitis B. “Tujuan dari Deklarasi Jajanan Sehat itu sendiri mengajak semua instansi dan masyarakat untuk terbebas dari jajanan yang tidak sehat. Dan beralih untuk makan jajanan yang sehat, terhindar dari bahan tambahan pangan berbahaya,” papar alumni Stikes Banyuwangi ini.

Pipit menambahkan, tema yang diambil yaitu “UKS Adalah Investasi Bangsa” sebenarnya bertujuan agar program UKS yang selama ini dijalankan mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA bisa membawa kebiasaan pola hidup bersih dan sehat hingga seterusnya, dan semua masyarakat bisa mengikuti pola program UKS ini secara nasional. “Karena binaan kami sendiri meliputi dari tingkat TK hingga SMA. Harapannya agar mereka bisa berinvestasi dalam hal membawa kebiasaan pola hidup bersih dan sehat hingga mereka tua nanti,” ujar pria yang juga mengajar mata kuliah UKS ini.

Ketua Stikes Banyuwangi, Dr. H. Soekardjo dalam sambutannya mengatakan, Stikes Banyuwangi ditunjuk sebagai Tim Promotor UKS tingkat perguruan tinggi yang pertama secara nasional. “Tim Promotor UKS Stikes Banyuwangi siap menularkan sekaligus mengedukasi kebiasaan hidup sehat para peserta didik,” ujar Soekardjo.

Dalam seminar nasional itu pemateri Drs. Susanto memaparkan tentang pembagian tugas pokok dan fungsi pembina UKS, tim pelaksana UKS dan kader UKS. Sementara itu, pemateri Agus Irianto menjelaskan proses pelaksanaan program UKS di sekolah seperti cara penjaringan kesehatan, pengukuran ketajaman mata dan cara mengisi Kartu Menuju Sehat (KMS). Sebelum seminar dimulai, acara diawali dengan senam UKS bersama, penampilan yel – yel dari SMK Visi Global, ikrar 8 Golongan UKS, serta pernyataan  dan penandatanganan Deklarasi Jajanan Sehat. (Humas)

Berita Utama
About admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *