Blog

12 Maret 2018

UKM Dewan Racana Stikes Banyuwangi Gelar Long March 40 KM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Stikes Banyuwangi semakin beragam jenisnya, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kali ini, giliran UKM yang berada dalam unit pramuka kesehatan, UKM yang diberi nama Dewan Racana DR. Cipto Mangunkusumo dan Dr. Ainun Habibi, bekerja sama dengan Dewan Saka Kabupaten Banyuwangi menggelar Long March 40 kilometer 2018 pada 2 – 3 Maret 2018. Kegiatan yang baru pertama kalinya digelar UKM Dewan Racana tersebut diikuti oleh 52 peserta dari lima puskesmas yang ada di Kabupaten Banyuwangi, yaitu puskesmas Tampo, puskesmas Tegaldlimo, puskesmas Wonosobo, puskesmas Genteng, dan puskesmas Songgon.

Ketua panitia kegiatan, Rudy Anang mengatakan acara ini bertujuan untuk mempererat Saka Bakti Husada (SBH) Kwartir Cabang Banyuwangi dan meningkatkan eksistensi SBH Banyuwangi. “Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan promosi kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat disepanjang perjalanan,” papar pria yang merupakan mahasiswa prodi S1 Keperawatan tingkat tiga itu.

Rudy Anang menambahkan, perjalan panjang sejauh 40 kilometer itu ditempuh dari RTH Tampo dan berakhir di kampus Stikes Banyuwangi, dimulai pada pukul 15.00 (2/3) semua peserta berjalan dengan rapi menggunakan seragam pramuka, peserta diwajibkan untuk melakukan penyuluhan kesehatan terkait PHBS pada gerombolan warga yang mereka temui sepanjang perjalan. Selain itu, peserta juga melakukan bersih jalan dengan cara mengambil sampah yang ada sampai di lokasi terakhir, ditambah juga dengan adanya pembinaan dari pihak polres Banyuwangi ketika peserta melewati kantor kepolisian resor tersebut. Setibanya di kampus pada Minggu (3/3) dini hari, peserta dilanjutkan dengan berbagai kegiatan seperti senam, pembekalan materi dari Dewan Saka Stikes Banyuwangi, dan sejumlah permainan kelompok guna membangun kebersamaan setiap personilnya.

Instruktur satuan karya SBH Kwarcab Banyuwangi, Ina Andriatul S.KM., M.PH, dalam sambutannya menambahkan acara ini bertujuan untuk membuat para peserta peduli terhadap perilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan penyuluhan kesehatan. Ina juga berharap, kedepannya generasi muda yang tergabung dalam SBH Kwarcab Banyuwangi dapat lebih eksis lagi mengadakan kegiatan-kegiatan pramuka  dalam bidang kesehatan, dan menyatukan SBH Kwarcab Banyuwangi.

Sementara itu, Ketua Stikes Banyuwangi, Dr. H. Soekardjo, sangat mengapresiasi adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Racana Stikes Banyuwangi. “Bertambah lagi jenis UKM yang ada di Stikes Banyuwangi, UKM Dewan Racana ini merupakan bentuk kegiatan pramuka di bidang kesehatan. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini juga bisa menciptakan jiwa pemuda yang mandiri, semangat, berani, sehat, dan tidak mudah putus asa,” jelas Soekardjo.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan beberapa pengumuman hasil lomba. Pada kesempatan ini, penghargaan pangkalan terbaik diberikan kepada pangkalan puskesmas Tampo, penghargaan peserta terbaik diberikan kepada pangkalan puskesmas Wonosobo, dan penghargaan peserta terdisiplin diberikan kepada Puskesmas Genteng dan Songgon. Untuk katagori lomba, pemenang lomba teka-teki silang diraih oleh pangkalan puskesmas Tampo, lomba panahan diraih oleh out bound diraih oleh Puskesmas Genteng. Selamat kepada para pemenang ya.. (Humas).

Berita Mahasiswa
About admin

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *