Blog

3 Mei 2018

Manfaat Donor Darah

Donor darah merupakan proses mendonasikan darah Anda secara sukarela untuk diberikan kepada seseorang yang membutuhkan dengan cara transfusi darah. Hal ini tentu merupakan hal yang positif karena dapat menolong jiwa seseorang yang membutuhkan. Namun tidak hanya bermanfaat bagi penerima, pendonor juga dapat memperoleh manfaatnya loh. Lalu apa manfaat donor darah untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

Ilustrasi gambar donor darah via portugalresident.com

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat donor darah untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Dimana pendonor yang secara rutin menyumbangkan darahnya dapat mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Hal ini karena dengan mendonorkan darah sebanyak 450 ml dapat membakar sekitar 650 kalori bagi orang dewasa.

  1. Mencegah Kanker

Anda dapat mengurangi kadar zat besi yang berlebih dalam tubuh dengan cara donor darah. Dimana zat besi yang berlebih dapat menjadi salah satu penyebab meningkatnya kerusakan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan dini.

Seperti pada sebuah penelitian yang melibatkan 2 kelompok dengan total 1200 orang memperlihatkan, yang menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan donor darah 2 kali dalam satu tahun memiliki kadar besi dalam darah dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan donor darah.

  1. Mencegah Stroke

Tidak hanya dapat menyebabkan kanker, zat besi yang berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Dimana hasil dari proses oksidasi ini dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya stroke. Oleh karena itu, zat besi berlebih perlu dikurangi dari dalam tubuh, misalnya saja dengan melakukan donor darah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan melakukan donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Dimana kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Tahukah Anda bahwa dengan melakukan donor darah secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mental, seperti menjaga pikiran tetap stabil? Hal ini karena dengan mendonorkan darah, dapat membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Rasa bahagia yang ditimbulkan karena dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan darah.

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat donor darah berikutnya yaitu dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Dengan begitu, darah dalam tubuh pun sudah dapat digantikan karena sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pruduksi darah baru yang lebih segar.

  1. Kesehatan Tubuh Menjadi Lebih Terkontrol

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin tubuh Anda akan diperiksa. Setelah selesai melakukan donor, darah akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani berbagai tes yang berbeda.

Jika ada yang salah dengan darah tersebut, Anda akan segera diberitahu. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda sendiri melalui cek kesehatan secara cuma-cuma tersebut. (Sumber: www.khasiatsehat.com)

Artikel Kesehatan
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *