Blog

8 Mei 2018

D3 Keperawatan – Mahasiswa Tingkat Akhir Dibekali Cara Praktis Membaca EKG

Menyimak : Mahasiswa berkonsentrasi dalam menyimak materi yang diberikan oleh Tim RSUD dr. Syaiful Anwar Malang

Sebanyak 38 mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi ikuti pelatihan Elektrocardiogram (ECG) pada (1-2/5). Bertempat di gedung perkuliahan setempat, kegiatan ini merupakan tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa keperawatan, terutama semester akhir. Acara yang dinarasumberi langsung oleh Tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Syaiful Anwar Malang ini terdiri dari beberapa rangkaian, hari pertama yaitu pre test dan pemaparan materi, sedangkan hari kedua praktik ECG dan diskusi bersama.

Ketua Stikes Banyuwangi, Dr. H. Soekardjo mengatakan, pelatihan ECG ini sangat penting untuk bisa dipelajari mahasiswa keperawatan. Tujuannya agar kelak ketika berada di dunia praktek lapangan mereka lebih lihai dalam membaca hasil irama jantung yang direkam melalui sebuah alat. “Alat ECG ini harus dipelajari dan dipahami benar oleh mahasiswa. Alat ECG ini akan merekam bagaimana irama jantung, frekuensi, dan semuanya yang berkaitan dengan jantung, sehingga ketika ada masalah pada jantungnya dapat dilihat dari hasil rekamannya, “ kata Soekardjo.

Sementara itu, salah satu pemateri yang sekaligus Ketua Tim dari RSUD Syaiful Anwar Malang, Ners Bambang Sutikno, S.Kep., M.Kep menjelaskan, kegiatan ini adalah praktikum tindakan merekam jantung. Dalam kegiatan ini akan diajarkan bagaimana prosedur melakukan perekaman dengan benar sekaligus cara mebaca hasilnya, karena di RS nantinya akan dijumpai berbagai jenis alat ECG yang berbeda merk. “Harapan kami dengan praktek ini, para mahasiswa Stikes bisa lebih kompeten dan tanggungjawab kepada pasien,” tegasnya. (Humas)

Berita Mahasiswa
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *