Berita

2 April 2015

45 Mahasiswa Ners Diambil Sumpah

Sebanyak 45 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi telah menjalani pelantikan dan pengambilan sumpah profesi Ners, Sabtu (14/3). Layaknya pengambilan sumpah, pengucapan janji untuk calon perawat profesional itu disaksikan beberapa pemuka agama. Ada tiga perwakilan mahasiswa yang disumpah berdasarkan keyakinannya dan masing – masing pemuka agama menaruh kitab suci diatas kepala mahasiswa yang disumpah.
Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo, S.Kep, MM mengatakan, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah harus dilakukan semua mahasiswa S1 Keperawatan yang telah lulus dari jenjang profesi. Sebagai salah satu bagian dari tim kesehatan, perawat tidak hanya dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pasien. Ikrar sumpah itu merupakan tahap akhir dari perjuangan para lulusan sebagai perawat yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah.
Pengambilan sumpah itu kata Soekardjo, bertujuan mengembangkan tanggung jawab profesi perawat kepada para lulusan agar ketika dihadapkan langsung ke masyarakat, para lulusan dapat menjadi perawat yang bertanggungjawab. “Setiap mereka yang lulus dari jenjang profesi, sebelum masuk ke lapangan, mereka harus diambil dulu sumpahnya sebagai perawat. Agar pada saat turun ke lapangan, mereka betul – betul memiliki komitmen bahwa mereka ingin menjadi perawat profesional yang betul – betul bertanggungjawab terhadap dirinya, profesinya dan Tuhan,” ujar mantan Ketua PPNI Cabang Banyuwangi tersebut.
Selanjutnya, perawat pun akan langsung terjun ke lapangan. Soekardjo menambahkan, masih banyak instansi atau daerah yang masih membutuhkan tenaga perawat. Stikes berharap mereka menjadi perawat yang profesional, yang bukan saja memiliki pengetahuan yang baik. Mereka juga dituntut memiliki keterampilan yang baik. “Selain itu, perawat pun ditekankan harus memiliki sikap dan perilaku yang baik, karena sekarang perawat itu benar – benar dihadapkan dengan masyarakat. Tujuannya pun betul – betul ingin melayani pasien dengan baik dan ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya. (*)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 1 × 3 =