dr Andar Setyawan

dr Andar Setyawan

Gaya bicaranya yang lembut, santun, sosoknya yang bersahaja dan berwibawa adalah keseharian dari dr Andar Setyawan, SP.S 53 tahun (spesialis syaraf)yang bertugas di RSUD Blambangan. Di dalam kesehariannya, pria  asli Bantul Yogyakarta tersebut sangat suka bercanda apalagi diselingi dengan dialek dan logat jawanya yang sangat kental. Bagaimana keseharian dr andar yang juga bertugas sebagai dosen di Stikes Banyuwangi? Berikut petikan wawancara dr Andar Setyawan SP.S dengan Majalah SMART Stikes.

Sejak Kapan Mulai Mengajar di Stikes Banyuwangi dan Mengapa Tertarik Untuk Mengajar di Stikes, dok?

            Pengen ngajar wae mbak, soale eman – eman duwe ilmu kok ora di ajarke ning wong liyo hehehe (candanya dengan dialek Jawa yang dilanjutkan dengan bahasa Indonesia). Saya mulai mengajar di Stikes sejak tahun 2007. Waktu itu saya memang ditawari langsung oleh Ketua Stikes untuk mengajar mata kuliah Biologi Dasar & Perkembangan yang mengulas tentang ilmu syaraf. Dan ketertarikan saya mengajar di Stikes agar ilmu yang saya miliki sebagai dokter syaraf bisa dimanfaatkan barokahnya, dan ternyata yang muda lebih kreatif karena lebih aktif dalam bertanya meskipun ilmu syaraf diakui sulit oleh para mahasiswa.

Kesulitan – Kesulitan Apa yang Dokter Hadapi Ketika Mengajar Mahasiswa di Stikes?

            Kalau sulit sih gak ada ya, karena mahasiswa sekarang lebih cerdas apalagi karena kemajuan teknologi yang semakin canggih. Saya malah sering lho dapet informasi dari mahasiswa saya karena mereka lebih intens membuka situs di internet. Sehingga dari bahan – bahan itulah kita bisa diskusikan dan menarik juga berdiskusi dengan mahasiwa.

Saat ini Dokter juga Bertugas Sebagai Ketua Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di RSUD Blambangan. Tugas – Tugas Apa Saja yang Anda Lakukan?

            Betul sekali, Ketua Diklat berfungsi untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada mahasiswa yang sedang praktek di rumah sakit kami. Namun divisi saya sebenarnya langsung ke pendidikan dan penelitian. Sehingga mahasiswa yang sedang praktek sekaligus penelitian langsung dibawah pengawasan saya.

Mekanisme Apa Saja yang Dokter Lakukan Ketika Menerima Proposal dari Mahasiswa untuk Praktek di RSUD?

            Sebelumnya mahasiswa memgajukan proposal terlebih dahulu ke direktur RSUD Blambangan, setelah melalui direktur langsung didisposisikan di ketua Diklat, ketua bidang pelayanan dan bidang penunjang. Setelah itu proposal akan dikaji di bidang yang disesuaikan. Kalau ada kontradiksi akan diselesaikan secara musyawarah. Dan sekedar diketahui, pengajuan proposal itu landasan hukumnya MoU. Namun kerjasama itu dah disepakati kedua pihak untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa.

Apa Pesan yang Bisa Disampaikan Untuk Mahasiswa Stikes dok?

            Kita berharap agar ke depan mahasiswa Stikes yang praktek di tempat kami bisa lancar berbahasa Inggris. Karena keinginan dari direktur adalah selain melayani masyarakat, seorang perawat harus mampu berbahasa Inggris, terutama ketika melayani pasien asing yang kebetulan dirawat di rumah sakit kami. (*)


CURICULLUM VITAE

Nama Lengkap                      : dr Andar Setyawan, SP.S

 

RIWAYAT PENDIDIKAN

–          SD Muhammadiyah 1 Solo

–          SMP Negeri 2 Solo

–          SMA Santo Yosef Solo

–          S1 Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang

–          Pendidikan dokter spesialis syaraf Universitas Gajah Mada Yogyakarta

 

PENGALAMAN KERJA

 

–          Pernah bekerja sebagai dokter umum di RS Jayapura Irian Jaya

–          Pernah bekerja sebagai dokter spesialis syaraf di RS Sardjito Yogyakarta

–          Menjabat sebagai Ketua Diklat RSUD Blambangan Banyuwangi hingga sekarang

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *