dr-liastutikGaya bicaranya yang tegas, lembut dan elegan menjadi sikap keseharian dari dr Liastutik yang saat ini bertugas sebagai dokter umum di Puskesmas Sobo sekaligus dosen di Stikes Banyuwangi. Bahkan saat ditemui Majalah SMART Stikes, sosok dr Lia (panggilan akrab) terlihat sangat loyal terhadap pekerjaannya, sehingga wawancara sempat terhenti karena kesibukannya yang padat dalam melayani pasien. Bagaimana keseharian ibu dari dua anak ini? Berikut petikan wawancara dr Liastutik kepada beberapa waktu yang lalu.

            Sejak Kapan Mulai Mengajar di Stikes Banyuwangi dan Mengapa Tertarik untuk Mengajar di Stikes, dok?

            Kalau tidak salah saya mulai mengajar di Stikes sejak tahun 2002, waktu itu namanya masih Akper (Akademi Perawat_red). Waktu itu saya diberi kepercayaan bapak ketua untuk mengajar mata kuliah Biokimia, Gizi dan Psikiatri. Wah bisa dibayangkan memang sulit sekali mengajar Biokimia pada waktu itu, karena bahasanya lebih banyak menggunakan bahasa kimia/ medis.  Dan sekarang saya hanya mengajar mata kuliah Kesehatan Anak yang bener – bener favorit saya (sembari tersenyum).

            Kesulitan – Kesulitan Apa yang Dokter Hadapi Ketika Mengajar Mahasiswa di Stikes?

            Yang jelas saya tipikal orang yang suka belajar, bahkan sampai sekarang pun saya masih senang belajar. Dari dulu saya selalu menganjurkan “belajar” untuk mahasiswa saya agar mereka bisa belajar setelah pulang kuliah, jadi belajar tidak hanya saat ujian saja. Mungkin yang membuat saya berbeda mengajar ketika ada mahasiswa yang telat saya biarkan masuk. Nah dari situ saya hargai semangat mereka untuk mau belajar meskipun telat.

            Saat ini Dokter juga Bertugas di Puskesmas Sobo. Apa Saja yang Dokter Lakukan untuk Membimbing Mahasiswa Stikes yang Sedang Praktek?

            Ini prinsip saya lho, ketika ada mahasiswa yang praktek disini ya saya tegaskan supaya mereka mau belajar sebelum praktek. Karena saya tidak mau mahasiswa saya tidak belajar ketika sedang praktek lapangan. Karena dulu ketika saya masih kuliah kedokteran, belajar sampai larut malam itu adalah hal yang biasa. Jangankan mahasiswa, sampai sekarang pun ketika harus menjadi narasumber dalam seminar saya pun harus kembali belajar. Dan asal tau aja saya paling tidak suka kalau ada mahasiswa yang tidak mau belajar.

            Apa Pesan yang Bisa Disampaikan untuk Mahasiswa Stikes, dok?

            Yaitu tadi mahasiswa harus banyak belajar. Saat ini saya jarang lho menemukan mahasiswa yang mau belajar dan berilmu banyak. Banyak sih mahasiswa yang nilai akademiknya bagus tapi kenyataan di lapangan ternyata nol. Saya malah lebih menghargai mahasiswa yang nilainya tidak terlalu bagus namun mau belajar dan berilmu banyak. Dan ini berlaku bagi mahasiswa siapapun lho ya. Sampai kapan pun saya akan mendidik mahasiswa seperti itu (*)

Curiculum Vitae

Nama Lengkap            : dr Liastutik

Nama Suami                : dr Yuwono (bertugas di Dinas Kesehatan Banyuwangi)

Nama Anak                 : 1. Stephanie Darda (lulus Fakultas Kedokteran Unibraw)

  1. Elyana (mahasiswa Fakultas Kedokteran Unibraw)

Riwayat Pendidikan    : SMPK Lumajang

                                      SMA ST. Albertus (Dempo) Malang

                                      Lulusan Fakultas Kedokteran Unibraw Malang

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *