Berita

17 Oktober 2017

Hima Farmasi Stikes Gelar Olimpiade Farmasi

Euforia Para Pemenang Olimpiade Farmasi

Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himfa) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi menggelar Eosin Olimpiade Farmasi pada Sabtu (14/10). Bertempat di auditorium Stikes, sebanyak 96 peserta yang terdiri dari pelajar tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Banyuwangi beradu mengasah keilmuan dalam bidang kefarmasian ini.

Ketua Panitia Eosin Olimpiade Farmasi, Arimatul Liza mengatakan, acara ini bertujuan untuk memperkenalkan prodi D3 Farmasi yang masih baru di Stikes Banyuwangi. Selain itu sebagai upaya untuk mengajarkan keilmuan kefarmasian kepada para pelajar tersebut.

Liza menjelaskan, dalam kompetisi ini pihaknya membagi menjadi tiga babak. Babak pertama yaitu tes tulis yang terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Kimia dan Farmasitika. Babak kedua yaitu seleksi bahan alam yang berupa simpesia (bahan alam yang dikeringkan yang mempunyai khasiat untuk kesehatan, red). Dan babak ketiga yaitu Praktikum Farmasitika, yaitu peserta harus mampu meracik obat, menimbang dan mengemasnya dengan rapi. “Dalam kompetisi ini mereka bertanding secara tim. Satu tim harus ada tiga orang,” ujar alumni SMAN 1 Banyuwangi itu.

Ketua Hima Farmasi, Chusron Firdani Bahtiar menambahkan, kompetisi ini memang baru pertama kalinya digelar di Stikes. Untuk kedepannya, Chusron berharap bisa menjadi event tahunan sebagai ajang promosi bagi prodi D3 Farmasi. Ketika ditanya mengapa mengambil nama “Eosin” dalam Olimpiade Farmasi ini, Chusron menjawab Eosin diambil dari Farmakopi atau buku panduan yang berisi ilmu kefarmasian. Selain itu Eosin juga memiliki kepanjangan dari Event for Pharmacytical Competition. “Jadi dalam Eosin sendiri juga ada kepanjangannya. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu Olimpiade Farmasi,” papar mahasiswa tingkat dua farmasi tersebut.

Dalam Olimpiade Farmasi itu diposisi babak terakhir, persaingan sengit ditempati SMK Visi Global, SMAN 1 Genteng, dan MAN Srono Banyuwangi. Kemudian untuk juara 1,2 dan 3 diraih SMA 1 Genteng seluruhnya (namun berbeda tim,red). Para pemenang mendapatkan trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan dan tabungan pendidikan dari para sponsor. Selamat ya buat para pemenang.. (Humas)

Berita Mahasiswa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 17 − 3 =