Blog

7 Desember 2018

Himfa Stikes, Kembali Gelar Olimpiade Farmasi

FOTO BERSAMA: Para pemenang lomba Olimpiade Farmasi setelah menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Kepala III Bidang Kemahasiswaan Stikes

Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himfa) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi kembali menggelar Eosin Olimpiade Farmasi pada Minggu (1/12) di Gelorang Bung Kardjo (GBK) Stikes. Ada 16 tim dari pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/K) se- Karisidenan Basuki yang akan beradu ilmu dalam bidang kefarmasian. Tim tersebut ialah 4 tim dari SMAN 1 Purwoharjo, 5 tim dari SMK Visi Global, 2 tim dari SMAN 1 Genteng, 1 tim dari SMAN Darussolah, 1 tim dari SMAN 1 Rogojampi, 1 tim dari SMA 17 Agustus 1945 Banyuwangi, 1 tim dari SMAN 1 Giri, dan 1 tim lainnya dari MA Nurul Huda.

Ketua panitia kegiatan, Devita Nurul Amin Yahya mengatakan selain sebagai upaya untuk menggali dan mengasah kemampuan pelajar dalam bidang IPTEK Kefarmasian, kegiatan itu juga bertujuan untuk memperkenalkan kampus Stikes Banyuwangi serta Program Studi (Prodi) D3 Farmasi.

Devita menjelaskan, dalam kompetisi itu pihaknya membagi menjadi tiga babak. Babak pertama yakni tes tulis yang terdiri dari mata pelajaran Matematika, Biologi, Kimia dan Farmasetika. Babak kedua yaitu seleksi bahan alam yang berupa simpesia (bahan alam yang dikeringkan yang mempunyai khasiat untuk kesehatan, red). Dan babak ketiga yaitu Praktikum Farmasetika, yaitu peserta harus mampu meracik obat, menimbang dan mengemasnya dengan rapi.

“Dalam kompetisi ini mereka bertanding secara tim. Satu tim harus ada tiga orang,” ujar alumni SMK Visi Global ini.

Ketua Hima Farmasi, Okta Ari Pratama menambahkan, kompetisi ini sudah kedua kalinya digelar, yang pertama berlangsung pada bulan oktober tahun lalu. Untuk kedepannya, Okta berharap bisa menjadi event tahunan sebagai ajang promosi bagi prodi D3 Farmasi. “Ini adalah ajang yang bagus untuk kita, selain silaturahmi, bisa saling bertukar informasi. Sekaligus promosi,” ucap mahasiswa semester tiga tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh DR. H Soekardjo selaku ketua kampus kesehatan itu, selain sebagai wadah untuk mengembangkan hard skill dan soft skill antar peserta kegiatan ini juga sebagai sarana Stikes dalam melakukan promosi. “Disini kita mengenalkan kampus Stikes, terutama Prodi D3 Farmasi yang juga prodi baru dari Stikes,” pungkasnya

Dalam Olimpiade Farmasi itu diposisi babak terakhir, persaingan sengit ditempati SMAN 1 Genteng, dan SMAN 1 Purwoharjo, SMAN 1 Rogojampi dan SMK Visi Global. Dan hasilnya, untuk juara 1 diraih oleh SMAN 1 Genteng, disusul SMKN Visi Global yang meraih juara 2, dan SMAN 1 Rogojampi sebagai juara 3. Para pemenang mendapatkan trophy, piagam penghargaan, uang pembinaan dan voucher potongan masuk Stikes . (Humas)

Berita ini juga telah dimuat pada Koran Jawa Pos Radar Banayuwangi, edisi Kamis (6/12).

Berita Mahasiswa
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *