Blog

22 September 2018

Ir. H. Suhartoyo, SH., M.Si : “sudah saatnya Stikes menjadi Institut,”

Ir. H. Suhartoyo, SH., M.Si beserta istri

Ramah, disiplin, murah senyum, dan rendah hati adalah sosok keseharian dari Ir. H. Suhartoto, SH., M.Si mantan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Kabupaten Banyuwangi Tahun 2013. Selain itu beliau adalah dosen Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi. Sejak kapan mengenal Stikes Banyuwangi? Bagaimana Stikes Banyuwangi dimata Ir. Suhartoyo? Apa saja harapan dan pesan untuk Stikes Banyuwangi? Berikut petikan wawancara Ir. Suhartoyo dengan Majalah SMART di kediamannya, Jl Airlangga No. 60 Banyuwangi, belum lama ini.

Sejak kapan mengenal Stikes Banyuwangi, dan bagaimana pendapat bapak tentang perkembangan Stikes Banyuwangi saat ini ?

Saya mengenal Stikes saat mulai berdirinya Akper (Akademi Keperawatan,red) Blambangan. Saya kagum dengan perkembangan Stikes saat ini, termasuk dengan kepemimpinan dari Bapak. DR. H. Soekardjo. Dengan mahasiswa yang tidak berjumlah ribuan, namun terus melakukan pembangunan gedung di kampusnya, bahkan memilik Masjid besar yang jamaahnya ramai, dan juga memiliki asrama putri. Ditambah lagi Stikes terus meningkatkan sumber daya manusianya dengan menyekoloahkan S2.

Kita semua tahu, bahwa juga merupakan salah satu dosen di Stikes Banyuwangi yang menagajar mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Apa yang membuat bapak tertarik untuka mengisi posisi sebagai dosen di Stikes Banyuwangi ?

Saya pernah menjadi asisten pemerintahan, dan pegangan saya terkait kepemerintahan termasuk tentang pancasila dan kewarganegaraan. Saya ingin mengamalkan ilmu yang saya miliki. Disamping itu, saya memang ingin mengajar tentang nasionalisme. Belajar tentang nasionalisme itu penting, terutama melihat kondisi anak muda saat ini. Saya ingin berbagi, bahwa Bela Negara itu tidak harus dengan ikut berperang, melainkan dengan bersikap displin itu sudah termasuk nilai Bela Negara. Sehingga saat ketua Stikes meminta saya untuk mengajar, saya langsung menerima tawaran tersebut.

Selama mengajar di Stikes Banyuwangi, bagaimana pendapat bapak tentang mahasiswa Stikes Banyuwangi?

Pendapat saya tentang mahasiswa Stikes adalah baik, mereka Disiplin. Saya biasa mengajar pagi hari jam 06.00 WIB. Sebelum saya datang atau masuk kelas, mahasiswa itu sudah duduk rapi di dalam kelas, siap menerima pembelajaran. Mereka juga taat, nurut dengan dosen. Jadi saya senang berinteraksi dengan mereka, tetap mengemban senyum, salam, sapa, sopan dan santun.

Bapak, saat ini Stikes Banyuwangi tengah mempersiapkan diri untuk meningkatkan status menjadi Institut. Apa tanggapan bapak tekait hal itu?

Sudah saatnya! Memang sudah saatnya Stikes meningkat lebih tinggi lagi, menjadi Institut. Sekarang kebutuhan masyarakat tentang kesehatan tidak ada habisnya. Menurut saya, Stikes pandai membaca peluang tersebut dengan menambah program studi yang beberapa tahun kedepan akan menjadi minat masyarakat. Bahkan, sudah seharusnya Stikes menjadi Institut, tidak hanya menambah empat prodi saja. Selama management Stikes tetap bagus seperti sekarang, kedepan Stikes juga harus memiliki Fakultas Kedokteran meskipun masih empat atau lima tahun mendatang.

Apa harapan bapak untuk Stikes Banyuwangi kedepannya ?

Tiada henti saya selalu mengatakan bahwa Stikes Banyuwangi itu hebat! Saya berharap, Management sumberdayamanusia yang ada di Stikes selalu berjalan dengan baik. Terus melakukan pembangunan demi peningkatan kualitas mahasiswa dan kampusnya. Teruslah berkembang dan berinovasi, tidak hanya fokus terhadap pelayanan kesehatan melainkan juga berkontribusi dalam dunia enterprenur. Dan saya berharap air mineral yang akan diproduksi oleh Stikes sendiri dapat segera diwujudkan.

Terakhir, apa pesan yang ingin bapak sampaikan untuk Stikes Banyuwangi ?

Sudah saatnya Stikes menjadi Institut. Saya berpesan, Stikes terus menjaga kekompakan, kebersamaan dalam rangka untuk menggapai kemajuan. Stikes terus memandang kedepan, dan mengikuti perkembangan yang ada saat ini. Teruntuk seluruh karyawan dan dosen, ikuti apa yang menjadi perintah atasan. Karena untuk mencapai visi dan misi, perlu adanya dukungan dari semua pihak.

 

 

BIODATA

Nama                                            : Ir.H.Suhartoyo,SH.,M.Si

Tempat dan Tanggal Lahir      : Banyuwangi, 28 Juli 1957

Agama                                          : Islam

Istri                                               : Dra.Hj.Rahayuningsih, M.M

Anak                                             :  1. Nova Respulta, ST., M.Eng

2.  Oktavima Wisdaningrum, SE,. MSA., Ak.,Ca

Alamat                                          : Jl. Airlangga No. 60 Banyuwangi

No Telpon                                    : 0333- 425345, 085 258 509 947

Pendidikan      :

  1. Akfarm Lulus Tahun 1979
  2. S1 Pertanian Lulus Tahun 1988
  3. S1 Hukum Lulus Tahun 1991
  4. S2 Kebijakan Publik Lulus Tahun 2001

Diklat               :

  1. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Tahun 1995
  2. Diklat Kepemimpinan Tingkat III Tahun 2002
  3. Diklat Kepemimpinan Tingkat II Tahun 2010

Karier              :

  1. Manager PMU Tahun 1979
  2. Kasi TP & Perlintan Tahun 1986
  3. Kasubdin HutBun Tahun 2002
  4. Kabid Data, Evaluasi & Penelitian Tahun 2004
  5. Kabid Penetapan & Penagihan Tahun 2007
  6. Kabag BPM Tahun 2008
  7. Ka BPM – PD Tahun 2009
  8. Kadis perindagkop Tahun 2010
  9. Ka Bappeda Tahun 2011
  10. Perekonomian & Pembangunan Tahun 2012
  11. Adm. Pemerintahan Tahun 2012
  12. Asis Adm. Pembangunan & Kesra Tahun 2013

Penghargaan  :

  1. Satya Lencana Presiden RI 20 th Tahun 2002
  2. Satya Lencana Presiden RI 30 th Tahun 2012
Profil Tokoh
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *