Blog

12 September 2018

Jambore UKS/M di Stikes Banyuwangi

Penuh : Ratusan peserta Jambore UKS/M padati Auditorium Stikes Banyuwangi

Ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) berbaur di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi, untuk mengikuti Jambore UKS/M se-kabupaten Banyuwangi, pada Sabtu (8/9). Kegiatan ini yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi ini, diikuti oleh 25 kecamatan .

Tim Promotor Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Stikes Banyuwangi yang merupakan promotor UKS perguruan tinggi pertama di Indonesia, ikut berkecimpung mensukseskan agenda tahunan dari Dinkes tersebut. Sedikitnya 20 mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) menjadi pantia kegiatan, bahkan beberapa anggota ada yang menjadi juri tamu, dan satu diantaranya sebagai Ketua Pelaksana yaitu Sindy Antika.

“Ini merupakan kegiatan tahunan dari Dinkes Banyuwangi, dan Tim Promotor UKS Stikes Banyuwangi ikut andil dalam pelaksanannya. Karena kami sendiri memang telah bekerjasama baik dengan Dinas Kesehatan.  Sebagian dari kita ada yang menjadi juri tamu di beberapa lomba,” kata Sindy saat ditemui disela-sela acara

Mahasiswi Prodi Kebidanan tingkat akhir ini menambahkan, bentuk dari kegiatan tersebut adalah lomba-lomba kesehatan dari tingkat SD hingga SMA yang tergabung dalam perwakilan masing-masing kecamatan. Lombanya adalah cerdas cermat, cipta dan baca puisi, cipta poster, kader, dan penyuluhan.

“Tidak semua lomba diikuti oleh tingkat pelajar, menyesuaikan dengan ketentuan. Selain lomba, peserta juga mengikuti test tulis, dan tes kesehatan pada hari itu juga,” tambahnya

Sementara itu, Koordinator Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Juwana menjelaskan, bahwa kegiatan ini penting dilakukan. Karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan pelajar terkait UKS. Selain itu, juga menanamkan informasi kesehatan sejak dini. “Kesehatan merupakan hal penting dalam kehidupan, mulai kecil sudah harus ditanamkan. Seperti, cuci tangan sebelum makan, melakukan hidup bersih dan sehat, dan sebagainya,” papar dr. Juwana dalam sambutannya.

Pria yang pernah meraih penghargaan Dokter Teladan dari Mentri Kesehatan itu berharap, melalui Jambore UKS/M ini dapat memunculkan kader-kader kesehatan unggulan di lingkungan sekolahnya. (Humas)

Berita Utama
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *