Blog

12 Juli 2018

LKMM TD – Wajib Diikuti Oleh Seluruh Anggota Ormawa

Pemberian Materi Rancangan Program Kerja oleh Dita Amanda Deviani, M.KKK

Sebanyak 67 mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan (ormawa) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) periode 2018-2019 selama tiga hari di gedung auditorium pada Jum’at – Minggu (6-9/7). Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh ormawa yang terhimpun dibawah naungan bidang kemahasiswaan Stikes Banyuwangi yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Renita Rizkya Danti, SST selaku ketua panita menginformasikan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah mengajarkan tentang menjalankan hak dan kewajiban di dalam organisasi yang diikutinya. “Tujuannya untuk memberikan pengetahuan terkait tugas yang harus dikerjakan di organisasi sesuai tupoksi yang telah termanajerial dengan birokrasi Stikes Banyuwangi. Dan juga untuk mengembangkan kreativitas serta ilmu pengetahuan dan teknologi,” ucap perempuan yang juga menjabat sebagai Kemahasiswaan Prodi D3 Kebidanan itu.

Renita yang kesehariannya juga menjadi dosen di D3 Kebidanan menambahkan, selama tiga hari peserta tidak hanya diberi materi tentang organisasi. Pihak panitia terutama tim acara telah menyusun acara yang lebiih interaktif dan berinovasi untuk mencegah kebosanan. Dihari pertama, ada seremonial pembukaan oleh bapak DR. H. Soekardjo selaku ketua Stikes, dilanjutkan dengan materi dan Focus Group Discussion (FGD). Hari selanjutnya, diisi dengan rapat program kerja, pelantikan pengururs serta pakta integritas. Dan dihari terakhir, peserta mengikuti outbound untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan dalam organisasi. “Kita sengaja membuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti adanya FGD. Dengan harapan, peserta akan lebih fokus terhadap tugas dan perannya masing-masing. Dihari terakhir, selain outbound juga ada seremonial penutupan oleh ketua Stikes dan pembacaan Surat Keputusan Panitia tentang pengumuman hasil juara,” tambahnya

Kekompakan Peserta LKMM pada kegiatan Outbound

Salah satu peserta kegiatan, Chusron Firdany Bahtiar mengungkapkan senang mengikuti LKMM ini. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang ia dapatkan, selain tentang tata cara organisasi yang benar, pria yang merupakan perwakilan dari UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) itu mendapatkan materi yang mungkin tidak ia dapatkan di kelas perkuliahan seperti, manajemen konflik, komunikasi efektif, pendidikan karakter, dan lain sebagainya. “Saya senang, acara ini benar-benar menyatukan semua ormawa untuk saling bersinergi demi Stikes Banyuwangi, “ ungkap Chusron

Sementara itu, M. Ervan S.Kep selaku sekretaris kemahasiswaan Stikes Banyuwangi mengapresiasi kegiatan tahunan tersebut. Dirinya berharap output peserta yang mengikuti LKMM TD lebih nampak pada implementasinya selama satu periode mendatang. “Saya harap mahasiswa yang beramanah di organisasi Stikes Banyuwangi dapat memberikan karya terbaiknya, dan menjadikan ormawa Stikes lebih baik kedepannya,” harapnya. (Humas)

Berita Mahasiswa
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *