Berita

27 September 2017

Maba Stikes Jalani Orientasi PKK Maba yang Berlandaskan Pancasila

Sebanyak 177 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi menjalani orientasi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKK Maba) sebagai warga baru di kampus kesehatan ini pada 21-24 September 2017. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, jika Stikes biasa menggunakan orientasi maba dengan nama Pengenalan Program Studi (PPS), kali ini Stikes menggantinya dengan nama PKK Maba yang berlandaskan pada ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila.

Ketua Stikes Banyuwangi, Dr.H. Soekardjo mengatakan, perubahan nama tersebut tertuang dalam surat edaran Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa baru. Selain itu materi – materi yang diberikan juga harus memenuhi prinsip – prinsip seperti Wawasan Kebangsaan, Pancasila, Bela Negara, Pendidikan HAM dan Perspektif Gender serta Pendidikan Karakter seperti Anti Narkoba, Terorisme dan Radikalisme. Bahkan dalam PKK Maba tersebut juga ada penandatanganan Deklarasi Mahasiswa Anti Narkoba oleh Polres Banyuwangi. “Kami menerapkan nilai – nilai Pancasila sebagai kampus yang berwawasan kebangsaan. Apalagi di Stikes ini mahasiswanya juga terdiri dari berbagai suku dan agama, dimana kami selalu memfasilitasi adanya perbedaan itu,” papar Soekardjo.

Ketua BEM Stikes Banyuwangi, Faishol menambahkan, untuk kegiatan outdoor pihaknya hanya menerapkan kedisiplinan seperti baris berbaris, bakti sosial diluar kampus seperti membersihkan sampah yang berserakan di lapangan Penataban, dan mendirikan taman baca di Kelurahan Penataban. Selain itu berbagai perlombaan juga digelar guna meramaikan orientasi tersebut seperti Lomba Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), lomba senam, lomba seminar tokoh figur dan lomba yel – yel yang diikuti semua kelompok. Selain itu setiap maba juga diwajibkan untuk membawa buku bacaan untuk disumbangkan kepada Perpustakaan kampus, sebagai media minat baca civitas akademika Stikes. “Untuk materi Self Potensial Training (SPT) tahun ini dijadikan satu dengan PKK Maba dan mengangkat tema Karakter Generasi Pembelajaran Abad 21,” ujar mahasiswa tingkat akhir tersebut. (Humas)

Berita Mahasiswa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • three × 5 =