Blog

4 November 2018

Mahasiswa Stikes, Diberi Kuliah Umum Kependudukan

H. Yenrizal Makmur S.P., MM menandatangani berkas kerjasama dengan Stikes Banyuwangi pada acara Kuliah Umum Kependudukan Senin (29/10) kemarin

Ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi, mengikuti kuliah umum Kependudukan pada Senin (29/10). Tema yang diangkat yaitu Peningkatan Kualitas Penduduk melalui Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Pematerinya adalah Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur H. Yenrizal S.P, MM.

Acara yang dihadiri oleh Kepala BKKBN Banyuwangi dan Kader PPK BD Banyuwangi tersebut berlangsung di Gelora Bung Karjo (GBK) Stikes. Kuliah umum ini digelar sekaligus dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BKKBN Jatim dengan kampus pencetak tenaga kesehatan itu.

Yenrizal menjelaskan, bahwa remaja, mahasiswa, atau generasi muda merupakan penentu dari kualitas penduduk Indonesia mendatang. Kondisi saat ini, menjadi tantangan berat bagi pembagunan bangsa Indonesia. “Memerlukan perhatian dan penanganan secara seksama, sungguh-sungguh dan kerjasama,” ucap Yenrizal.

Dalam pemaparannya ia menambahkan, upaya yang dapat dilakukan ialah dengan pengendalian jumlah penduduk dan meningkatkan kualitas penduduknya melalui program kependudukan dan KB. Upaya lainnya ialah ikut berpartisipasi dengan mensukseskan pendidikan, kreatif dan inovatif, serta menghindari kejadian beresiko. Misalnya menghindari pernikahan dini, menjauhi aktifitas yang berkaitan dengan pergaulan bebas atau narkoba, dan sebagainya.

“Program ini, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga,” imbuhnya.

Sementara itu, DR. H. Soekardjo selaku ketua Stikes Banyuwangi mengatakan, kuliah umum ini bermanfaat untuk mahasiswa Stikes dari berbagai prodi. Sebab, mereka semua akan banyak berinteraksi dengan masyarakat saat melakukan praktik atau ketika bekerja nanti. Selain itu, mahasiswa juga dinilai memiliki peran dalam membantu meningkatkan kualitas penduduk.

“Kami berharap, dari kuliah umum ini mahasiswa memperoleh gambaran dan motivasi, sehingga kedepan dapat mengaplikasikannya kepada masyarakat,” ujar Soekardjo. (Humas)

Berita Mahasiswa
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *