Blog

8 Oktober 2018

Mahasiswa Stikes Mine Tour di Tambang BSI

Mahasiswa, humas, serta Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi berkunjung ke tambang PT. Bumi Suksesindo (BSI), di Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi, pada Kamis lalu (27/9).  Kunjungan mahasiswa kesehatan itu, guna untuk melakukan ­study literature terkait proses pertambangan yang ada di BSI, sekaligus juga belajar tentang ilmu Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Peserta disambut oleh tim Corporate Communication, dengan presentasi sekilas tentang profil umum perusahaan tambang tersebut, dan hal-hal yang harus diperhatikan selama melakukan Mine Tour nantinya, salah satunya adalah cara penggunaan alat pelindung diri. Usai presentasi, mereka diajak berkeliling area tambang menggunakan bus yang telah disediakan. Terdapat tiga lokasi pemberhentian, yaitu titik lokasi pertambangan atau Pit B, Heap Leach, dan terakhir adalah Nursery atau persemaian.

Peserta Mine Tour saat berada di lokasi Nursery atau Persemaian

Nursery sendiri merupakan lokasi persemaian atau pembibitan berbagai jenis pohon yang nantinya akan ditanam kembali di hutan. Lokasi operasional Tujuh Bukit yang berada di kawasan hutan dan dekat dengan perkampungan masyarakat, membuat pengelolahan sistem pertambangan yang ada di BSI harus ramah lingkungan, salah satunya dengan  melakukan reboisasi.

Wahyu Santoso Hidayat, salah satu perwakilan mahasiswa mengaku terkesan dengan keindahan alam yang ada di sekitar area tambang. Dirinya juga kagum dengan sistem pertambangan dari anak perusahaan PT. Merdeka itu. “Tambang BSI ini unik, lokasinya dekat perkampungan, hutan, dan pantai. Selain itu, ternyata sistem kerja semua unitnya bagus. Mulai dari proses pengolahan tambangnya, hingga perhatian terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerjanya,” tuturnya

“Kunjungan ini memang kami tunggu, selain sebagai wujud kerjasama antara Stikes dengan BSI, kehadiran kami tentunya juga untuk menjajaki lebih dalam terkait kerjasama dalam bidang lainya, seperti penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ucap Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo yang ikut mendampingi tour tersebut.

“Terimakasih kepada segenap jajaran PT. Bumi Sukesindo, kami telah disambut dengan pelayanan yang maksimal, serta diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan unit-unit yang berada disetiap pemberhentian lokasi operasional Tujuh Bukit. Semoga kerjasama yang apik ini, akan terus bersinergi,” imbuhnya

Sementara itu, Manager CSR PT. Bumi Suksesindo, Basori Saini menyambut baik kehadiran dari rombongan kampus kesehatan tersebut. “Tentunya kami senang menerima kehadiran Stikes, adanya kunjungan ini semoga dapat menyamakan persepsi kita semua tentang keberadaan tambang emas PT. BSI, menambah pengalaman dan wawasan baru untuk adik-adik, serta ada feedback untuk kami demi PT. BSI yang lebih baik lagi,” ungkap Basori saat ditemui di ruang rapat external. (Humas)

Berita Mahasiswa
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *