Berita

7 September 2015

Mahasiswi Kebidanan se-Banyuwangi Ikuti Ukom di Stikes

DSC_0047

Mahasiswi Kebidanan se-Banyuwangi Ikuti Ukom di Stikes

Sebanyak 160 mahasiswi kebidanan dari perguruan tinggi se Banyuwangi mengikuti Uji Kompetensi (Ukom) yang digelar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes), Sabtu (6/9). Mereka yang mengikuti adalah 65 mahasiswi dari Stikes, 43 mahasiswi dari Akademi Kesehatan (Akes) Rustida dan 52 mahasiswi dari Universitas Bakti Indonesia (UBI). Ukom yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) ini sudah kesekian kalinya memilih Stikes Banyuwangi sebagai tempat diselenggarakannya Ukom Kebidanan baik se-Besuki maupun se-Banyuwangi.

        Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo, S.Kep, MM mengatakan, ukom ini bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu lulusan pendidikan tinggi khususnya di bidang kebidanan. Karenanya, melalui ukom yang bermutu akan menciptakan standarisasi lulusan berkualitas. “Ukom merupakan bagian dari proses evaluasi pembelajaran yang terintegrasi dalam sistem pendidikan kesehatan khususnya kebidanan,” kata pak Kardjo demikian panggilan akrabnya.

        Dikatakan, Stikes Banyuwangi sebagai pendidikan tinggi kesehatan diharapkan bisa member kontribusi pada pencapaian peningkatan layanan kesehatan melalui peningkatan kualitas penyedia jasa layanan kesehatan. Tujuan itu akan dicapai melalui penguatan sistem dan institusi akreditasi program studi dan sertifikasi lulusan yang pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan secara profesional. Lebih spesifik, tujuan Ukom adalah untuk memperkuat kualitas kebijakan pendidikan profesional di bidang kesehatan. “Stikes Banyuwangi selalu siap dalam menjalankan Ukom ini, sebab kami selalu berpedoman pada kurikulum yang sesuai standar,” papar Soekardjo. Sebelumnya juga telah digelar Ukom Kebidanan se- Besuki Raya pada 30 Mei yang lalu di Stikes Banyuwangi. (*)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • fifteen − 1 =