Pengembangan

Perguruan tinggi sebagai ‘Human Resource Development Agent’ memainkan peran kunci dalam pembangunan, khususnya sumber daya manusia. Perubahan tatanan pergaulan ekonomi dan politik internasional yang terus berubah dengan cepat, menempatkan posisi perguruan tinggi pada tantangan sekaligus peluang untuk memainkan peran strategisnya dalam menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi. Mengandalkan kekayaan sumber daya alam, ternyata tidak cukup memadai lagi untuk mengangkat kesejahteraan rakyat, sehingga terjadi pergeseran prioritas untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai faktor penggerak utama pertumbuhan ekonomi. Strategi pembangunan komunitas masyarakat bangsa berbasis ilmu pengetahuan memerlukan respon cepat, tepat dan strategis.

STIKES BANYUWANGI bertekad ikut serta bersama komponen bangsa lainnya untuk meningkatkan partisipasinya membangun komunitas intelektual yang amanah, mampu menguasai, serta trampil memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mendukung terwujudnya warga masyarakat bangsa yang adil dan makmur berlandaskan Iman dan Taqwa.

Bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai krisis dan perubahan besar, muaranya diharapkan akan melahirkan masyarakat baru yang jauh lebih baik. Di masa yang akan datang STIKES BANYUWANGI berharap untuk menjadi salah satu sumber inspirasi pembaharuan bangsa dengan kekuatan moral dan intelektual yang kokoh dan seimbang, melalui pengembangan karakter dengan sistem pendidkan nilai dalam bidang ilmu keperawatan dan kebidanan. Berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu berdiri setara dalam pergaulan masyarakat global, selalu berperan aktif mendukung perputaran roda pembangunan ekonomi, serta menghasilkan karya yang memberikan kemanfaatan besar bagi seluruh umat manusia.

Dengan adanya otonomi daerah, STIKES BANYUWANGI memiliki peluang untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah. Hadirnya STIKES BANYUWANGI sebagai perguruan tinggi di tengah masyarakat Jawa Timur, diharapkan mengemban misi perluasan akses pendidikan. Strategi pemanfaatan sumber daya intelektual dalam komunitas akademik STIKES BANYUWANGI yang lebih optimal memerlukan jaminan tata kelola organisasi dan manajemen menuju kebijakan berbasis mutu, mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

STIKES BANYUWANGI bertekad untuk senantiasa berperan aktif memberikan kontribusi pembangunan wilayah Kabupaten Jawa Timur dan sekitarnya, sehingga menjadi daerah yang mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakatnya. Untuk meraih kepercayaan sebagai agen pemberdayaan masyarakat, melalui tridarma perguruan tinggi, STIKES BANYUWANGI haruslah menjadi perguruan tinggi dikenal memiliki reputasi yang handal.

Arah pengembangan jangka panjang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STKES) Banyuwangi adalah menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka di Tingkat Regional Jawa Timur pada tahun 2026. Sebelum sampai ke sasaran tersebut, ada dua tahap yang perlu dicapai oleh STIKES BANYUWANGI. Tahap pertama, menjadi Perguruan Tinggi (PT) dengan tata kelola baik (Good University Governance – GUG) pada tahun 2016, dan tahap kedua menjadi PT terakreditasi A pada tahun 2021. Proses dan hasil yang dicapai institusi melalui dua tahapan tersebut dievaluasi pada akhir tahun 2017 dan 2022. Hasil evaluasinya digunakan untuk mengetahui keberhasilan proses konsolidasi dan reformasi pendidikan tinggi di STIKES BANYUWANGI menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka di Tingkat Regional Jawa Timur di tengah-tengah persaingan pasar pendidikan tinggi dan perubahan lingkungan strategis yang sangat dinamis.