Blog

11 Oktober 2018

Perdana, Stikes Gelar Yudisium Akhir Tiga Prodi Sekaligus

Wakil ketua 1 Bidang Akademik, Diana Kusumawati M.Kes saat membacakan surat keputusan kelulusanpada Yudisium Akhir Mahasiswa Akhir di Stikes Selasa lalu (9/10).

Bertempat di gedung auditorium, sebanyak 160 mahasiswa program studi (prodi) S1 Keperawatan, D3 Keperawatan, dan D3 Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi menggelar yudisium akhir, pada Selasa (9/10). Kegiatan ini baru pertama dilakukan serentak tiga prodi sekaligus. Pada acara yang berlangsung hidmat tersebut, turut hadir dewan senat dan jajaran dosen Stikes Banyuwangi.

Sesuai dengan peraturan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) bahwa setiap perguruang tinggi diharuskan melakukan yudisium akhir, maka kampus pencetak tenaga kesehatan inipun harus melaksanakan aturan tersebut. Berbeda dengan yudisium sebelumnya, yudisium di Stikes dilakukan bersama dari beberapa program studi. Diawali dengan persembahan tari “Jejer Jaran Dhawuk” Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tari Stikes Banyuwangi, dan dilanjutkan oleh sambutan dari ketua Stikes disusul dengan pembacaan surat keputusan kelulusan oleh bidang akademik.

Diana Kusumawati M.Kes, selaku wakil ketua satu bidang akademik, bertugas untuk membacakan surat keputusan kelulusan. Surat yang dibuat di Banyuwangi pada tanggal 8 Oktober itu memutuskan, mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam proses akademik prodi S1 Keperawatan sebanyak 69 mahasiswa, prodi D3 Keperawatan sebanyak 39 mahasiswa, sedangkan prodi D3 Kebidanan sebanyak 42 mahasiswa. Total tersebut sesuai dengan jumlah peserta yang mengikuti yudisium.

Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H Soekardjo mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, pada akhirnya mereka semua dapat mengikuti prosesi wisuda dan pengambilan sumpah ahli madya. “Proses pentingnya bukan berada pada wisudanya, melainkan pada saat dilantik dan disumpah. Terutama untuk yang prodi D3, saat wisuda besok kalian akan diambil sumpahnya untuk berjanji menjadi tenga kesehatan yang profesional dan amanah,” tutur Soekardjo

Perpisahan : Mahasiswa melakukan sungkeman kepada bapak ibu dosen

“Untuk yang Prodi S1 Keperawatan, ini bukan proses akhir. Karena setelah dinyatakan selesai dari proses akademik ini, kalian masih harus berjuang kembali selama 14 bulan mengikuti profesi ners, selepas itu baru dilantik dan diambil sumpahnya,” imbuhnya.Sementara itu, Anggita Agfiani Utami mahasiswi dari prodi D3 Kebidanan, mengaku senang karena telah diyudisium dan dinyatakan lulus proses akademik. Merasa tak menyangka, perempuan yang disapa Anggita ini akhirnya dapat menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. “Senang, tak menyangka, dan bersyukur. Ternyata, tugas menjadi mahasiswa dapat saya lewati dan dinyatakan lulus,” ucap Anggita (Humas)

Berita Utama
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *