DSC_0213

Karyawati Stikes Banyuwangi Sedang Mengibarkan Bendera Merah Putih

Dalam memperingati HUT Kemerdekaan yang ke 71 tahun, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi juga tidak mau ketinggalan untuk memeriahkan moment bersejarah bangsa Indonesia tersebut. Tahun ini untuk pertama kalinya Stikes Banyuwangi melaksanakan upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 tahun. Menariknya dalam upacara tersebut bukan mahasiswa yang bertugas sebagai petugas upacara namun para karyawannya.

Ketua Stikes Banyuwangi, Dr. H. Soekardjo S.Kep, MM mengatakan, perayaan ini memang baru pertama kalinya digelar di Stikes. Hal itu didukung dengan instruksi dari Pemkab Banyuwangi yang mewajibkan semua instansi atau institusi menggelar upacara bendera dan berbagai lomba di lingkungan kantornya. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme di lingkungan kampus. “Memang dari awal kita berencana akan melaksanakan upacara bendera maupun lomba-lomba, dan ternyata memang ada himbauan dari Pemkab untuk melakukan itu. Jadi tanggal 17 agustus pas tanggal merah kita tidak memberikan libur” ujar Soekardjo.

Soekardjo menjelaskan alasan pihaknya mewajibkan para karyawan untuk menjadi petugas upacara bendera karena agar ada hal yang baru di lingkungan tempat kerja, sekaligus mengajak para karyawan untuk mengenang kembali saat mereka mungkin masih menjadi petugas upacara di sekolahnya dulu. Selain itu semua mahasiswa juga sedang menjalani praktek, sehingga upacara bendera ini hanya diikuti oleh para karyawan Stikes saja.

Tidak hanya melaksanakan upacara bendera saja, bahkan Stikes Banyuwangi juga menggelar berbagai lomba untuk memeriahkan moment perayaan kemerdekaan, selama dua hari di lingkungan kampus. Adapun lomba yang wajib diikuti adalah lomba makan krupuk, tarik tambang, balap karung, balap klompen, lomba sego tempong, paduan suara, karaoke dan masih banyak lagi lomba lainnya. Hari pertama lomba dilaksanakan secara outdoor di lingkungan kampus, dan hari kedua dilaksanakan secara indoor di auditórium Stikes Banyuwangi.

Dalam perlombaan tersebut semua karyawan sudah terbagi dalam enam kelompok. Ada kelompok Imam Bonjol, Sultan Agung, Pattimura, Diponegoro, Hasanuddin, dan Teuku Umar. Dan pemenangnya adalah kelompok yang berhasil mendominasi pemenang terbanyak dalam setiap kategori lomba. Dan kemenangan lomba jatuh pada kelompok Sultan Agung yang berhasil menyabet Juara Umum. Selamat untuk kelompok Sultan Agung, semoga semakin kompak yaa.. (*)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *