Blog

7 Agustus 2018

Prodi D3 Keperawatan Stikes Terima Kunjungan Surveilans Akreditasi LAM PT-Kes

Serangkaian kegiatan surveilans akreditasi prodi D3 Keperawatan Stikes Banyuwangi oleh Tim Assesor LAM PT-Kes (4/8)

Sabtu (4/8), Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi menerima kunjungan tim surveilans akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) di ruang rapat rektorat lantai I. Tim assesor yang bertugas pada kegiatan tersebut adalah Ibu Diyan Indriyani, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat.

Kegiatan surveilans ini merupakan tindak lanjut dari visitasi lapangan yang telah dilalui oleh prodi D3 Keperawatan di tahun 2016 lalu. Acara yang berlangsung selama satu hari itu dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Ketua Satu Bidang Akademik Ibu Diana Kusumawati S.Kep., Ns., M.Kes, lalu presentasi gambaran singkat prodi D3 Keperawatan oleh Bapak Muhammad Al Amin S.Kep., Ns., M.Kes selaku ketua prodi, dilanjutkan dengan meninjau kantor D3 keperawatan, ruang kelas, laboratorium medis dan bahasa, perpustakaan, serta sekretariat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan diakhiri dengan pengkajian dokumen atau desk evaluation.

Sedikitnya ada tujuh standar penilaian yang dievaluasi oleh Tim Assesor. Hal tersebut meliputi standar isi, standar penjaminan mutu, standar mahasiswa dan lulusan, standar sumber daya manusia, standar kurikulum pembelajaran akademik, standar pembiayaan sarana prasarana  serta sistem informasi, terakhir standar penelitian, pengabdian masyarakat dan kerjasama.

“Alhamdulillah, surveilans akreditasi hari ini beralan lancar. Evaluasi yang telah dilakukan oleh masing-masing penangung jawab standar telah banyak perubahan menuju baik. Stikes Banyuwangi telah melakukan progressnya sesuai rekomendasi dari hasil visitasi lapangan dua tahun lalu. Semuanya harus tetap ditindak lanjuti, dan dikembangkan. Saya berharap, kedepannya Prodi D3 Keperawatan bisa naik tingkat menjadi terakreditasi A,” ucap Diyan Indriyani dari Universitas Muhammadiyah Jember

Sementara itu, Ketua Stikes Banyuwangi DR. H. Soekardjo mengucapkan terimakasih kepada seluruh tim akreditasi dosen dan karyawan yang telah bekerja keras mempersiapkan kebutuhan surveilans. “Terimakasih kepada sivitas akademika, telah berjuang bersama-sama mewujudkan progres Stikes semakin maju kedepan,” kata Soekardjo saat ditemui disela-sela surveilans

Soekardjo juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari tim assesor, telah memberikan banyak masukan dan ilmu baru yang dapat diterapkan di Stikes Banyuwangi. “Saya berterimakasih kepada Ibu Diyan, kepeduliannya terhadap Stikes Banyuwangi juga besar. Karena beliau juga pernah menjadi dosen tamu di Stikes mengajar mata kuliah maternitas. Semua masukan dan ilmu barunya, akan kami tindak lanjuti kedepannya,” paparnya. (Humas)

Berita Utama
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *