Blog

6 September 2018

PT BSI Gandeng Stikes Ngobrol Asik Fotografi Zaman Now

Sosialisai : Corporate Communication Manager PT BSI, Teuku Mufizar saat memberikan sosialisasi tentang PT BSI kepada para peserta seminar

      Dalam rangka menggali potensi fotografi jurnalistik dikalangan anak muda, PT Bumi Suksesindo (BSI) menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi mengadakan seminar dan lomba fotografi (2/9). Bertempat di auditorium Stikes,  puluhan siswa dan mahasiswa dari berbagai instansi pendidikan di Banyuwangi mengikuti ngobrol asik dengan tema “Trend Fotografi Jaman Now”. Kegiatan yang juga didukung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Stikes itu menghadirkan Bayu Saksono, General Manager Jawa Pos Radar Banyuwangi selaku narasumber.

Ihda Nurman Zein, selaku ketua panitia kegiatan menginformasikan, bahwa ini adalah kegiatan seminar pertama dari UKM Jurnalistik. Selain mencari bakat fotografi dikalangan anak muda, kegiatan yang juga dimedia partneri oleh Stikes Banyuwangi TV (SBTV) tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terbaru melalui seminar terkait trend fotografi saat ini. “Kegiatan ini merupakan wadah untuk mengetahui bakat para pelajar terutama siswa SMA atau sederajat dan mahasiswa tentang fotografi jurnalistik, sehingga dengan melalui lomba serta seminar ini pihak pendukung acara yaitu PT BSI dan Stikes Banyuwangi dapat dengan mudah mencari bibit-bibit muda yang berpotensi jika suatu saat membutuhkan tenaga dibidang fototgrafi jurnalistik,” ucap Ihda Nurman Zein saat ditemui disela-sela acara.

Pria yang berstatus sebagai mahasiswa farmasi Stikes itu menambahkan, selain seminar yang bertajuk ngobrol asik panitia kegiatan juga menyelenggarakan lomba fotografi yang bertemakan bebas. “Kita juga mengadakan lomba fototografi kategori SMA/Sederajat dan mahasiswa, yang masing-masing kategori akan diambil juara satu, dua, tiga, dan favorit,” tambahnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo dalam sambutannya, kegiatan ini didukung penuh oleh Stikes, PT BSI, serta BEM. Dengan adanya kegiatan ini, juga menambah wawasan bagi seluruh peserta yang hadir. Soekardjo berharap, akan selalu ada kerjasama yang baik antara Stikes dengan BSI dalam mengadakan kegiatan semaca ini. Tidak hanya dalam bidang fotografi saja, melainkan juga tentang bidang jurnalistik yang lain, menulis misalnya. “Suatu saat perlu ditambah dengan tema jurnalistik yang lain, misalnya tentang menulis. Dengan sasaran yang tidak hanya SMA dan mahasiswa saja, melainkan juga untuk pelajar sekolah dasar,” harap Soekardjo.

Sementara itu, narasumber seminar Bayu Saksono menjelaskan, ada empat trend dalam fotografi zaman now, yaitu street and urban photography, folk photography, minimalism photography, dan aerial photography. “ Menurut saya, empat genre tersebut dipengaruhi seiring meningkatnya penghobi treveler di Indonesia, sehingga dimedia sosial banyak postingan tentang foto-foto yang bercerita tentang hiruk pikuknya keramaian jalan, interaksi alam dan manusia, foto-foto beraliran minimalis, bahkan juga foto-foto yang diambil melalui udara dengan alat drone,” ucap pria yang telah menggeluti jurnalistik selama 19 tahun itu.

“ Selain mengenal genre yang sedang trend saat ini, generasi muda juga harus paham dengan undang-undang ataupun kode etik dalam fotografi, misalnya tentang larangan mengambil gambar di tempat-tempat vital atau privasi,” cetusnya

Selanjutnya, Teuku Mufizar Mahmud selaku Corporate Communication Manager PT BSI mengapresiasi kegiatan positif ini. Pihaknya akan terus bekerjasama dalam program-program yang berkaitan dengan anak muda. Kedepannya, tidak hanya berhenti pada seminar saja melainkan dapat ditindak lanjuti dalam bentuk program pelatihan atau diklat jurnalistik juga.

Terima hadiah : Para pemenang lomba fotografi kategori mahasiswa saat menerima hadiah berupa trophy, piagam penghargaan serta uang pembinaan

Selain pemberian materi oleh narasumber, pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima penghargaan lomba fotografi kategori pelajar SMA/Sederajat dan Mahasiswa. Dari hasil penilaian, dewan juri menetapkan Ferdianto Amrian Pratama dari SMA PGRI Cluring dengan predikat juara pertama dalam kategori pelajar SMA/Sederajat, Muhammad Raihan Iqbal dari SMA Negri 1 Siantan sebagai juara kedua, dilanjut Dista Akbar Nuari sebagai juara ketiga dari SMA PGRI Cluring, dan Desy Ambar Surya Safitri pelajar SMKN 1 Kalipuro sebagai juara fovirit. Sedangkan dari kategori mahasiswa, juara pertama, kedua, ketiga diraih oleh mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi, mereka adalah Mega Ayu Imawa Wati, Harfi Yulian Bimantara, dan Imam April Wahyudi, disusul Gensavana Fiqri dari Politeknik Negeri Banyuwangi sebagai juara favorit. Mereka yang telah menjadi juara mendapatkan trophy, piagam penghargaan, serta uang pembinaan.

Sekali lagi, selamat untuk para pemenang yaa..  (Humas)

Berita Mahasiswa
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *