Blog

13 November 2018

Ribuan Insan Kesehatan Banyuwangi, Semarakkan HKN

HKN ke 54 Kabupaten Banyuwangi, Digelar di Kampus Stikes Banyuwangi

Ribuan insan kesehatan mengikuti senam bersama dalam gebyar HKN 54 di Stikes Banyuwangi, Minggu (11/11) kemarin.

Ribuan insan kesehatan Kabupaten Banyuwangi semarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 (11/11). Kegiatan yang digelar di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi itu, turut dihadiri oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas M.Si yang berkenan membuka acara dan memberangkatkan peserta jalan sehat.

“Bidang kesehatan saat ini memiliki banyak inovasi, bahkan telah meraih banyak prestasi. Harapanya, inovasi kesehatan yang ada di Banyuwangi dapat terus berkembang dan tumbuh,” ujar Bupati Banyuwangi dalam sambutannya.

Pada HKN tahun 2018, merupakan tahun Instansi Pendidikan untuk bergiliran menjadi ketua panitia. Kali ini, yang berkesempatan menjadi ketuanya adalah DR. H. Soekardjo selaku ketua Stikes Banyuwangi. “Acara ini dihadiri oleh seluruh insan kesehatan dari berbagai kalangan, seperti puskesmas, rumah sakit, klinik, organisasi profesi, instansi pendidikan, dan intansi kesehatan diseluruh wilayah Banyuwangi,” pungkasnya

Soekardjo melaporkan, bahwa HKN Banyuwangi tersebut terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan jalan sehat yang diberangkatkan langsung oleh Bapak Bupati, santunan kepada masyarakat kurang mampu dan anak yatim. Selain itu juga akan ada lomba-lomba, pemberian penghargaan pada insan kesehatan terbaik, serta hadiah bagi peserta jalan sehat yang beruntung.

“ Dalam jalan sehat HKN ke 54 ini, tercatat ada 24 unit sepedah gunung,  2 lemari pendingin, dan 300an doorprize. Hadiah yang terkumpul merupakan hasil sumbangsih dari seluruh instansi kesehatan dan beberapa sponsor seperti Bank Jatim, Kalbe, Biznet, Yuzu, Wardah, dan Osing Deles,” imbuh ketua kampus pencetak tenaga kesehatan itu.

Kepala Puskesmas Kabat menerima hadiah sebagai kontingen teratraktif pertama dari Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Rio, didampingi oleh Ketua IAI Cabang Banyuwangi, Kepala Puskesmas Singonjuruh, dan Kepala Puskesmas Sobo

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi Dr. Widjie Lestariono menyampaikan, bahwa tujuan digelarnya HKN diantaranya sebagai wahana konsolidasi insan kesehatan di Banyuwangi, menciptakan interaksi komunikasi antar tenaga kesehatan yang lain, menyambung silaturahmi dan koordinasi yang baik. “Adanya senam, jalan sehat, dan lomba akan timbul kolaborasi antar sesama, sehingga mewujudkan sinergitas diantara peserta,” katanya

Pria yang akrab dipanggil Dokter Rio ini menambahkan, kinerja pelayanan insan kesehatan cukup baik. Tidak hanya pada bidang pendidikan, melainkan juga pada bidang pelayanan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya prestasi bidang kesehatan. Beberapa hari lalu, Bapak Hadi Kusairi, SKM., M.Kes selaku Kepala Puskesmas Sempu telah membawa nama baik bidang kesehatan dalam kancah Internasional. Ia sebagai pemburu inovasi “Stop Angka Kematian Ibu dan Anak” (SAKINA) berhasil meraih The Most Interseted Innovation dalam forum Open Goverment Partnership Asia Pacific Regional Meeting 2018 di Seoul Korea Selatan.

“Saya berharap, semua insan kesehatan dapat termotivasi. Sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan untuk masyarakat,” ucap Dokter Rio. (Humas)

Berita Utama
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *