S1 Keperawatan

Program Studi S-1 Keperawatan (Pendidikan Ners). Terhitung mulai tanggal 12 April 2006 berdasarkan SK Mendiknas 193/D/O/2006, STIKES Banyuwangi telah dibuka dan sekaligus melaksanakan kurikulum Ners. Pada tahun ajaran 2007/2008 pelaksaanaan pendidikan di STIKES Banyuwangi mengacu pada kurikulum SK. Mendiknas No. 129/U/1999 dan 045/U/2002 tentang kurikulum Inti Pendidikan Tinggi serta beberapa surat keputusan yang berhubungan dengan Pelaksanaan Program Pendidikan Ners.

Program Pendidikan Ners terdiri dari pendidikan Akademik dan Profesi. Pada Program Akademik mahasiswa diberikan mata kuliah dari kelompok ilmu humaniora, alam dasar, perilaku, ilmu sosial, ilmu biomedik, ilmu kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan dasar, ilmu keperawatan klinik, dan ilmu keperawatan komunitas, jumlah SKS yang harus ditempuh pada Program Akademik 147 SKS, sedangkan Program Profesi mahasiswa menempuh 28 SKS. Pada Program Profesi terdapat penyesuaian profesional bagi peserta didik dalam pengalaman belajar klinik dan lapangan, dengan menggunakan tatanan nyata, khususnya pelayanan Keperawatan

VISI

Menjadi Program Pendidikan Ners yang menghasilkan perawat profesional, religius dan terampil dalam bidang Kegawatdaruratan Tahun 2020.

MISI
(1) Menyelenggarakan Pendidikan Ners yang menghasilkan Tenaga Ners yang Profesional, terampil dalam bidang kegawatdaruratan.
(2) Meningkatkan kualitas pelayanan kegawatdaruratan melalui penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat.
(3) Menyelenggarakan penelitian dibidang kesehatan yang berorientasi kepada
kebutuhan masyarakat baik kesehatan klinik dan komunitas.
(4) Menyenggarakan pendidikan kesehatan yang menghasilkan tenaga kesehatan yang beriman dan bertaqwa.
(5) Menyiapkan SDM dosen dan pembimbing baik klinik maupun komunitas yang kompeten
(6) Memperkuat kerjsama dengan berbagai pihak untuk mendukung terselenggaranya proses pendidikan profesi Ners yang berkualitas

TUJUAN PROGRAM STUDI
(1) Menghasilkan lulusan Ners yang mampu menerapkan, dan mengembangkan pengetahuan dibidang kegawatdaruratan.
(2) Menghasilkan Tenaga Ners yang mampu menerapkan aspek-aspek keagamaan dalam menjalankan perannya sebagai tenaga kesehatan
(3) Mewujudkan kehidupan masyarakat akademis yang kondusif, berkualitas, dan mandiri, melalui sistem manajemen pendidikan yang bermutu, transparan, dan demokratis.
(4) Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang mampu memperkuat karakter lulusan pendidikan Ners
(5) Menyelenggarakan Penelitian yang mendukung proses Pendidikan Profesi Ners
(6) Memenuhi Tenaga Pendidikan Klinik dan komunitas sesuai standart Ners
(7) Menjalin kerjasama yang dapat mendukung proses Pendidikan Profesi Ners