Blog

3 Agustus 2018

Sedikitnya 28 Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Diambil Sumpahnya

Pemasangan lencana oleh Ketua Prodi D3 Keperawatan Bapak Muhammad Al Amin, S.Kep., Ns., M.Kes

Sedikitnya 28 mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Keperawatan Tingkat satu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi diambil sumpahnya, dipasang kap dan lencana, serta tanda peserta praktik klinik keperawatan, pada Kamis (2/8). Bertempat di auditorium setempat, kegiatan ini dihadiri oleh orang tua atau wali mahasiswa, civitas akademika Stikes Banyuwangi, Dewan Pembina Yayasan Perwakes Bida, Ikatan Keluarga Orang Tua Mahasiswa (IKOMA).

Hal yang mendasari kegiatan ini adalah perlunya sikap tanggungjawab peserta saat melaksanakkan praktik klinik di pelayanan kesehatan. Mahasiswi yang telah menyelesaikan perkuliahan semester duanya tersebut, diwajibkan untuk melaksanakan tugasnya sesuai Undang-Undang (UU) yang berlaku. Selain itu, dapat menjadi tenaga kesehatan tanpa membeda-bedakan, baik dari segi jabatan, ekonomi, suku, budaya, agama serta negara.

Ketua Stikes Banyuwangi Dr. H. Soekardjo mengatakan, kegiatan sumpah ini perlu dilakukan oleh setiap mahasiswi keperawatan yang akan memulai praktik, dimana sebelum mereka terjun di lahan praktik sesungghunya, harus melalui praktik laboratorium. Pentingnya menjaga kerahasiaan pasien dan memberikan pelayanan sebaik mungkin merupakan kewajiban dari seorang bidan. “Saya berharap, mahasiswa dapat menjaga sikap dengan baik, terutama dengan privasi pasien. Penggunaan teknologi informasi harus dikendalikan dengan baik “ papar Soekardjo

Sementara itu, Ketua Yayasan Perwakes Bida, H. Hariadji Sugito, S.KM., MM dalam sambutannya menyampaikan, menjadi seorang tenaga kesehatan banyak hal yang harus disiapkan, tidak hanya berfokus terhadap ilmu melainkan juga terhadap sikap. Menurutnya, sebagai calon tenaga kesehatan mahasiswa harus berilmu, dapat memahami apa yang telah didapat, berbudi pekerti luhur, dan mandiri sesuai dengan Visi dan Misi yang dimiliki oleh Stikes Banyuwangi. “Saya menekankan kepada semua mahasiswa supaya bisa menekuni proses pembelajaran yang ada, disiplin terhadap tugas“ tegasnya. (Humas)

Bersama : Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan dengan Yayasan PERWAKES BIDA dan IKOMA

 

Berita Utama
About Stikes Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *