Berita

13 Agustus 2015

Siapkan SDM Alumni, Stikes dan NIIT Kerjasama Program Dual Degree Bahasa Inggris

IMG_2258Guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) para alumninya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi bekerjasama dengan National Institute Information Technology (NIIT) mengadakan program Dual Degree Bahasa Inggris. Hal tersebut ditunjukkan dalam sosialisasi Dual Degree Bahasa Inggris oleh Country Head NIIT Pravesh Kumor Verma,  di auditorium Stikes Banyuwangi, yang diikuti ratusan mahasiswa baru, Rabu (12/8).

Ketua Stikes Banyuwangi DR. H. Soekardjo, S.Kep, MM mengatakan, program ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa Stikes dimana mereka yang ikut serta dalam program ini, setelah lulus dari Stikes selain mendapatkan gelar dan ijazah akademik, mereka juga akan mendapatkan ijazah diploma Bahasa Inggris yang berlaku secara internasional di lebih dari 40 negara. “Saat ini kita telah memiliki 110 alumni yang bekerja di luar negeri. Bahkan ada salah satu alumni kita yang menjadi PNS di Kuwait, padahal dia berkewarganegaraan Indonesia,” papar Soekardjo dalam sambutannya.

Sementara itu Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Stikes Banyuwangi, Ivan Rachmawan, S.Kom menambahkan, kerjasama ini merupakan komitmen pihaknya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama mencetak tenaga terampil di bidangnya. “Kami berkeinginan untuk menghasilkan SDM yang bisa diterima secara nasional maupun internasional. Apalagi NIIT ini merupakan salah satu lembaga pendidikan IT terbaik di dunia yang berpusat di India dan merupakan mitra terbaik Microsoft dalam pelatihan di Asia yang telah berafiliasi dengan Microsoft, Lotus, Computer Associates, Sun Microsystem, Citrix, IBM dan Orecle,” ujar Ivan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, guna menyambut pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang, Stikes Banyuwangi mulai Januari lalu, telah memberlakukan program English Speaking Day di lingkungan kampus Stikes. Semua civitas akademika diwajibkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari – hari di kampus.

Program Dual Degree ini merupakan langkah kelanjutan dari program English Speaking Day. Jadi dalam program ini selain grammar dan structure Bahasa Inggris, mahasiswa juga akan diajarkan dan dilatih untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang meliputi pronunciation, intonation, kosakata dan teknik komunikasi dalam praktek keperawatan maupun kebidanan. Sehingga harapannya, dengan mengadakan program tersebut nantinya akan banyak lulusan dari Stikes Banyuwangi yang siap bersaing dengan perawat dari luar negeri, dan akhirnya mampu diserap pasar nasional maupun internasional. (*)

Berita Utama , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • eighteen − six =