Berita

9 Desember 2014

Stikes Banyuwangi Bentuk UKM Jurnalistik

Setelah sukses mendirikan berbagai macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi kembali membentuk UKM yang mewadahi bakat minat mahasiswa khususnya dalam bidang jurnalisme. Jika setahun yang lalu, sudah terbentuk UKM Radio, kali ini bidang tersebut sudah menjadi satu dengan UKM Jurnalistik. Berdiri pada tanggal 15 Agustus 2014, melalui musyawarah dengan beberapa mahasiswa, akhirnya terbentuklah UKM Jurnalistik yang terdiri dari tiga divisi, yaitu divisi radio, media cetak dan fotografi.
Mengapa UKM Radio pada akhirnya menjadi satu dengan UKM Jurnalistik? Pembina sekaligus penggagas UKM Jurnalistik, G. Pratigina, S.Sos., mengatakan, Jurnalistik lingkupnya sangat luas. Bicara tentang jurnalistik pasti tidak akan terpisah dengan radio dan fotografi. Didalam radio pasti ada berita, begitu juga dengan fotografi. Gina begitulah panggilan akrabnya menambahkan, dirinya menangkap peluang yang ada di Stikes Banyuwangi untuk memajukan bakat jurnalistik yang ada pada para mahasiswa.
Peluang tersebut didapat dari banyaknya media yang menjadi alat komunikasi dan publikasi, seperti Radio Stikes FM, Majalah SMART dan website, guna mengexpose keberadaan dari Stikes Banyuwangi. “Saya melihat banyak potensi yang dimiliki para mahasiswa yang hobi nulis, siaran dan fotografi. Bahkan banyak mahasiswa kita yang punya kamera namun masih kurang bekal dalam mengaplikasikan teknik pengambilan anglenya,” papar staf unit informatika dan publikasi di Stikes Banyuwangi tersebut.
Dengan adanya UKM Jurnalistik tersebut, Gina berharap agar kedepan selalu diadakan kegiatan rutin tahunan pelatihan jurnalistik, yang diisi para pemateri yang sudah profesional di bidangnya, serta membantu menyiapkan sumber daya manusia para mahasiswa di Stikes Banyuwangi. Apalagi untuk anggota yang masuk dalam divisi Media Cetak, bisa terlibat bersama institusi dalam mengelola Majalah SMART, setiap tiga bulan sekali, dan mampu mencetak sendiri media mahasiswa yaitu Buletin Neuro yang rencananya akan terbit sebulan sekali.
Sementara untuk mahasiswa yang terlibat dalam divisi Radio, bisa ikut aktif sebagai penyiar di radio komunitas 106,6 MHz Stikes FM, yang hadir menyapa pendengar setiap hari, serta ikut terlibat sebagai pembawa acara dalam kegiatan kampus. Dan untuk divisi Fotografi bisa terlibat dalam kegiatan dokumentasi maupun videografi kegiatan kampus, yang masih berkaitan dengan publikasi media di Stikes Banyuwangi. Bahkan rencana tahunan, akan digelar ajang Lomba Pameran Foto sebagai sarana promosi Stikes ke sekolah – sekolah. “Tidak hanya memperoleh ilmu dalam hal kesehatan, seorang calon perawat dan bidan pun juga bisa belajar jurnalis untuk mengembangkan bakat yang ada pada dirinya. Dan yang menjadi kebanggaan bagi kita semua adalah, kita pelopor sekaligus sebagai satu – satunya pendiri UKM Jurnalistik di kampus yang ada di Banyuwangi” imbuh perempuan yang mulai berkarir di radio sejak tahun 2001 tersebut.
Dalam hasil musyawarah para mahasiswa beberapa waktu yang lalu, terpilihlah Biji Bintang sebagai Ketua Umum UKM Jurnalistik 2014, yang kemudian membawahi Ketua Divisi Radio Fikhania Santoso, Ketua Divisi Media Cetak Ratna Sulistyowati, dan Ketua Divisi Fotografi Faiqotul Himmah. Tongkat kepemimpinan tersebut akan berjalan selama setahun kedepan, dan akan digantikan dengan pengurus yang baru berbarengan dengan pemilihan presiden BEM yang baru. Bravo UKM Jurnalistik! (*)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • seventeen + three =