Berita

11 April 2016

Stikes Banyuwangi Juara II Festival Kuliner Sego Cawuk

oke(1)Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi berhasil meraih juara II Festival Kuliner Sego Cawuk untuk Kategori C, Sabtu (9/4). Dalam kategori itu, Stikes Banyuwangi berhasil menyisihkan sebanyak 65 peserta yang meliputi SKPD dan institusi. Acara yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi tersebut dilaksanakan di sekitar area Taman Blambangan.

Salah seorang perwakilan Tim Stikes Banyuwangi, Widyaningsih S.Pd mengaku gembira atas kemenangan timnya tersebut. Pasalnya, dirinya bersama 10 tim lainnya harus bangun jam tiga pagi untuk menyiapkan semuanya. Bahkan saat timnya datang ke lokasi perlombaan, pihaknya harus rela basah kuyup dipagi hari karena kehujanan. “Alhamdulillah, kami tidak menyangka jika pada akhirnya kami menjadi juara dua. Karena niat kami pada awalnya hanya partisipasi saja. Terima kasih kepada tim yang sudah solid. Syukur, kerja keras kalian akhirnya terbayarkan dengan prestasi ini,” ujar perempuan yang akrab disapa Ning ini.

Ketika ditanya resep apa yang membuat timnya menjadi juara dua, Ning menjelaskan pihaknya tidak menggunakan MSG atau penyedap tambahan dalam menunya. Sehingga cita rasa sego cawuk ala Stikes ini terlihat berbeda. “Kami tidak menggunakan MSG dalam menu ini. Tapi banyak yang bilang kalau sambal serainya terasa banget sirihnya. Begitu pula dengan kuah pindangnya terasa ada belimbingnya,” ucap perempuan yang hobi memasak itu sambil tertawa.

Kemenangan Tim Stikes tersebut disambut baik oleh Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo S.Kep, MM. Dikatakannya, dengan prestasi itu akan semakin menambah deretan koleksi penghargaan yang pernah diraih Stikes Banyuwangi. “Saya ucapkan selamat kepada Tim Stikes Banyuwangi yang telah menyabet juara dua. Untuk kedepannya kami akan terus berupaya mengikuti perlombaan festival yang diselenggarakan Pemda Banyuwangi. Semoga berikutnya bisa menjadi juara pertama,” harap pria yang pernah meraih Top of Figure ini.

Perlu diketahui, Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Kuliner dengan mengusung kuliner khas Banyuwangi, yaitu sego cawuk. Makanan ini sering dikonsumsi sebagai sarapan oleh masyarakat Banyuwangi. Kuliner sego cawuk terdiri atas nasi yang biasanya disajikan dengan alas daun pisang, lalu ditambahkan kuah ikan pindang, parutan kelapa, dan dicampur serutan jagung muda yang dibakar. Lauk pendampingnya adalah pepes ikan, telur pindang, atau semanggi dengan sambal serai. Dalam Festival Sego Cawuk kemarin dihadiri oleh Chef Aiko, yang mempresentasikan bagaimana menyajikan sego cawuk yang selama ini dianggap menu warungan, untuk kemudian disajikan dengan lebih menarik ala hotel bintang lima. (Humas)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 14 − 7 =