Berita

2 April 2015

Stikes Gelar Baksos di Pura Bale Gong

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi bekerjasama dengan Asram (kelompok komunitas yang berkecimpung dalam bidang kesehatan, pendidikan dan keagamaan Hindu) menggelar bakti sosial di Pura Bale Gong, dusun Patoman Tengah, desa Patoman, kecamatan Rogojampi Minggu (29/3). Agenda tersebut termasuk agenda tahunan yang selalu digelar Stikes pasca perayaan hari raya Nyepi.
Kegiatan bakti sosial tersebut diawali dengan penyuluhan bahaya hipertensi oleh dr Ketty Sutini yang diikuti semua warga dusun Patoman. Dalam pemaparannya, dr Ketty menjelaskan bahwa 95% masyarakat di Indonesia banyak yang tidak suka sayur, oleh karena itu harus ada edukasi kepada masyarakat tentang manfaat sayur agar tidak terjadi hipertensi. Penyuluhan dari dr Ketty tersebut berhasil diterima para warga dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada dokter yang kini sudah pensiun itu.
Pelaksana tugas Pusat Penelitian dan pengabdian Masyarakat (PPPM) Stikes Banyuwangi, Betty Erda Yoelianita S.Psi mengatakan, tujuan menggelar kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis ini salah satunya untuk mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus sebagai bentuk silaturahmi kepada masyarakat sekitar. Selain mendatangkan dr Ketty Sutini, pihaknya juga mendatangkan dr Ida Bagus Endrawan Saputra selaku Plt Puskesmas Mojopanggung, untuk memeriksa kesehatan para pasien, dibantu dengan para dosen dan mahasiswa.
Selain mengadakan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan gratis, pihaknya juga membuka konsultasi kesehatan gratis yang sudah ditangani oleh para dosen Stikes, dan juga donor darah bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya. “Luar biasa animo masyarakat sekitar. Acara belum dibuka tapi sudah banyak pasien yang mengantri. Sempet kewalahan sih, karena pagi sekali mereka sudah menunggu kita. Tapi alhamdulillah semua bisa diatasi karena tim kita yang solid.” papar Betty. (*)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • three × five =