jamboreUnit Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi telah memasuki usia keempat tahun, Sabtu (9/4). Tahun ini, hari jadi tersebut dirayakan tim promotor UKS Stikes Banyuwangi bersama 28 SD dan 5 SMP se-Wilayah Kerja Puskesmas Licin di Kantor Kecamatan Licin. Kegiatan bertajuk Jambore UKS se-Wilayah Kerja Puskesmas Licin tersebut diramaikan dengan lomba puisi, lomba Kader Tiwisada atau Kesehatan Remaja dan lomba cerdas cermat.

Koordinator UKS Stikes Banyuwangi, Pipit Hariyono, S.Kep mengatakan, seiring dengan berjalannya waktu tak terasa UKS kembali mendongkrak kegiatan setiap tahunnya, yakni dengan memberikan wawasan kesehatan, menyampaikan informasi kesehatan, serta mencetak kader berprestasi baik dalam bidang akademi maupun non akademi. “Selain menggelar lomba, kita juga bekerjasama dengan Puskesmas Licin melakukan sosialisasi cuci tangan dan gosok gigi. Selain itu kita juga mengajak dua dosen Stikes untuk menyampaikan informasi kesehatan tentang kebersihan diri,” papar alumni Stikes Banyuwangi itu.

Selain itu Pipit menambahkan, pihaknya merasa senang karena selama ini banyak pihak yang turut serta mendukung kegiatan UKS. Seperti Saka Bakti Husada, guru pendamping pada masing – masing SD dan pihak Puskesmas Licin. Sehingga keberadaan UKS Stikes Banyuwangi semakin dikenal luas. “Alhamdulillah diusia yang sekarang UKS Stikes semakin berkembang. Tak lupa kita juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat seperti Saka Bakti Husada, para guru dan Puskesmas Licin,” ujar Pipit.

Dalam perlombaan tersebut kejuaraan trophy lomba Puisi akhirnya dimenangkan oleh SDN 1 Licin dan MTS Al Amin. Sementara lomba Kader Tiwisada atau Kesehatan Remaja disabet oleh SDN 1 Jelun dan SMPN 1 Licin. Dan lomba cerdas cermat oleh MI Banjar dan MTS Licin. Selain itu dalam kegiatan kemarin, Tim Promotor UKS juga memberikan reward, untuk kategori Juri Tamu Terbaik. Mereka yang menerimanya adalah Saka Bakti Husada PKM Wonosobo. Selamat kepada para pemenang yaa.. (Humas)

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *