Kuliah umum wawasan kebangsaanSebanyak 700 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi mengikuti kuliah umum wawasan kebangsaan dan bela negara pada Selasa (19/1), di Auditorium Stikes Banyuwangi. Acara ini diramaikan oleh pemateri Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Roby Bulan, Seksi Teritorial Kodim 0825 Kapten (Inf) Bambang Mujiono, dan Kasat Narkoba Polres Banyuwangi AKP Agung Setia Budi.

Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo mengatakan, kuliah tamu dengan materi wawasan kebangsaan dan bela negara merupakan upaya Stikes untuk mendukung gerakan bela negara yang digagas pemerintah beberapa bulan yang lalu. Materi ini sangat penting karena nilai – nilai kebangsaan mulai terkikis. Empat pilar kebangsaan itu (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika). “Kondisi seperti sekarang ini banyak paham – paham radikal yang setiap saat bisa masuk kepada siapa pun. Justru dengan kuliah tamu ini kami ingin memagari mahasiswa Stikes agar terhindar dari paham – paham yang keblinger itu,” kata Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah Banyuwangi tersebut.

Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Roby Bulan mengatakan, mahasiswa merupakan generasi penerus yang dapat menjaga dan melindungi bangsa dan negaranya. Maka dari itu, mereka perlu mendapatkan suatu bimbingan sekaligus pembekalan, berkaitan dengan wawasan kebangsaan untuk bisa mencintai bangsa dan negaranya. “Menanamkan wawasan kebangsaan bagi generasi muda seperti mahasiswa sangat dibutuhkan saat ini, agar bangsa Indonesia, putra bangsa bisa lebih mengenal secara mendalam akan negaranya sendiri,” ujar pria yang baru saja menjabat sebagai Dandim 0825 Banyuwangi itu.

Kasat Narkoba Polres Banyuwangi, AKP Agung Setia Budi menjelaskan, kuliah umum yang bertema penyalahgunaan narkoba akan menambah pengetahuan sekaligus pembelajaran bagi mahasiswa Stikes Banyuwangi. Narkoba menjadi induk dari kejahatan. Saat ini Polres Banyuwangi akan terus memberantas bahaya narkoba diseluruh kalangan masyarakat. “Saya harap mahasiswa tidak terjerumus dalam bahaya narkoba selama menjalani perkuliahan. Dan lebih fokus terhadap kegiatan – kegiatan di kampus, tanpa terjerumus kedalam hal- hal yang berbaur dengan narkoba,” ungkapnya. Di akhir acara kuliah umum tersebut, Ketua Stikes Banyuwangi juga turut memberikan sebuah cinderamata kepada Dandim 0825 Banyuwangi. (Humas)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *