Berita

15 Mei 2015

Stikes Teken Kerjasama dengan Jepang

Foto Stikes Kerjasama Jepang

Stikes Teken Kerjasama dengan Jepang

Nota kesepahaman antara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi dan Tugboat, Co, Ltd diteken di Universitas Negeri Surabaya pada Senin (11/5). Nota kesepahaman ini berisi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan akademik yang langsung ditandatangani Presiden Direktur Tugboat, Co, Ltd Shingo Nishimoto dan Ketua Stikes Banyuwangi DR. H. Soekardjo, S.Kep, MM, disaksikan Pembantu Rektor IV Unesa Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M. Litt.
Ketua Stikes, DR. H. Soekardjo mengatakan nota kesepahaman ini berisi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan akademik ini konkretnya adalah lulusan perawat Stikes Banyuwangi akan diberi kesempatan untuk bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jepang sebagai perawat di panti lansia maupun rumah sakit di Jepang.
Permintaan tenaga kesehatan di Jepang dari tahun ke tahun memang sangat tinggi, hingga saat ini Jepang masih membutuhkan 40 ribu tenaga kesehatan. Dengan nota kesepahaman ini akan memudahkan Stikes untuk menyalurkan lulusannya yang ingin bekerja di Jepang. “Nota kesepahaman ini adalah pintu masuk untuk menyalurkan lulusan Stikes bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jepang. Untuk gaji bisa mencapai Rp 25 juta, sementara biaya hidup disana rata – rata mencapai Rp 10 juta per bulan,” kata Soekardjo.
Untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang sesuai dengan standar Jepang, maka minimal lulusannya harus bisa berbahasa Jepang. Dan saat ini Stikes telah menyiapkan dosen Bahasa Jepang untuk membantu mahasiswa untuk bisa berbahasa Jepang. Sementara untuk kurikulum, Stikes telah berstandar Internasional. “Jadi untuk kurikulum tidak ada masalah, hanya bahasa Jepang yang sekarang kita masih mencari dosen. InsyaAllah Stikes mampu untuk menyediakan tenaga kesehatan tersebut. Saat ini alumni kita juga sudah ada yang bekerja di Australia, Brunei, Arab Saudi, Jerman dan Hongkong,” pungkasnya. Sukses selalu untuk Stikes Banyuwangi..(*)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • sixteen − thirteen =