Berita

7 Januari 2014

Tahun Depan Stikes Buka Prodi DIII Farmasi

welcomeSidang senat terbuka XIX wisuda S1 Keperawatan, pelantikan dan pengambilan sumpah Ahli Madya Kebidanan Stikes Banyuwangi berlangsung khidmat, Kamis (7/11). Wisuda kali ini dihadiri perwakilan Forum Pimpinan Daerah Banyuwangi, Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Drs Sulihtiyono, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jatim Ahmad Yusuf, Koordinator Kopertis wilayah XII, Prof. Dr.H.Sugijanto, Ms.Apt, Wakil Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Banyuwangi, Bank Jatim, Bank BRI, Bank Syariah Mandiri, Direktur RSUD Blambangan, serta mitra lainnya.
Dalam sambutannya, Ketua Stikes Banyuwangi DR. H. Soekardjo, S.Kep MM., menjelaskan jumlah mahasiswa yang diwisuda mencapai 217 orang. Terdiri dari 88 mahasiswa S1 Keperawatan, 39 mahasiswa program Ahli Madya Keperawatan dan 90 mahasiswa Ahli Madya Kebidanan.
Dalam wisuda itu Soekardjo memberikan selamat kepada para mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di Stikes. Oleh karena itu Soekardjo berharap, agar para mahasiswa selalu mengaplikasikan ilmu sesuai dengan profesinya tanpa membedakan agama dan ras
Soekardjo menilai profesi bidan punya banyak tantangan. Tugasnya bukan sekedar membantu persalinan, namun juga menjadi mitra bagi wanita hamil. Bidan punya andil besar atas kesehatan juga kesejahteraan ibu hamil, setiap bidan harus menjaga nama baik dan menjunjung tinggi citra profesinya dengan menampilkan kepribadian yang tinggi dan memberikan pelayanan yang bermutu pada masyarakat. Seorang perawat juga memiliki peran sangat penting dalam memberikan pelayanan terhadap seorang pasien.
Oleh karena itu Stikes terus berupaya meningkatkan mutu lulusannya agar mampu bersaing dengan lulusan lainnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengembangkan sarana dan prasarana belajar para mahasiswa, seperti penambahan enam kelas dan laboratorium, peningkatan kualitas tenaga pengajar di beberapa universitas terkemuka, seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Udayana dan beberapa universitas lainnya. Selain itu Stikes juga telah membangun asrama putri dan sesaat lagi akan membangun asrama putra. Bahkan untuk memberikan jiwa entrepreneur kepada para mahasiswa, Stikes juga telah memberikan pelatihan ? pelatihan yang bersifat wirausaha dan sudah bisa dilihat hasilnya dengan memenangkan lomba juara satu lomba kreasi dan inovasi yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi beberapa hari lalu dan juara dua lomba pembuatan blogspot.
Soekardjo juga menambahkan pengembangan lain yang dilakukan Stikes adalah pembuatan program studi Diploma tiga (D3) Farmasi. Dikatakan kurang dua langkah lagi program studi ini akan dilalui sehingga tahun depan pihaknya sudah bisa menerima mahasiswa baru program D3 Farmasi. (*)

Berita Utama, Kemahasiswaan , , ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • three × 2 =