Berita

3 Oktober 2017

UKM KSR Stikes Gelar Red Cross Competition 2

Setelah sukses menggelar Stikes Banyuwangi Red Cross (SBRC) pada 26-28 Desember 2014 yang lalu, kini untuk kedua kalinya UKM Korps Suka Rela (KSR) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi kembali menghelat kompetisi bergengsi tersebut pada 29 September – 1 Oktober 2017. Pertandingan yang diikuti 25 regu dan 18 SMA/sederajat se-Kabupaten Banyuwangi itu berhasil membawa nama SMAN 1 Genteng kembali meraih juara umum untuk yang kedua kalinya.

Ketua panitia SBRC 2, M. Wildan Syafiqul mengatakan, Stikes Banyuwangi Red Cross (SBRC) merupakan kegiatan mengenai kepalangmerahan remaja atau lebih dikenal dengan Palang Merah Remaja (PMR). Jumlah peserta dalam RCM ini mencapai 250 pelajar tingkat SMA/ sederajat se-Kabupaten Banyuwangi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini menggandeng PMI Banyuwangi. Ada dua kategori dalam penilaian SBRC ini, yaitu Traveling dan Non Traveling. Untuk materi penilaian Traveling meliputi Duta Kesehatan, Best Moment Foto, dan Video Ayo Siaga Bencana. Sementara untuk materi penilaian Non Traveling meliputi Donor Darah Remaja, Kepalangmerahan, Kesehatan Remaja, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama, Sanitasi Kesehatan dan Pertolongan Pertama.

Wildan menambahkan, tujuan digelarnya SBRC ini adalah untuk memberikan kesempatan sekaligus mengaplikasikan kemampuan seorang PMR yang ada di sekolah tentang kepalangmerahan. Sehingga diharapkan SBRC ini dijadikan ruang dan wahana bagi anggota PMR, untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan yang dimiliki serta sebagai ajang silaturahim para anggota PMR se-Kabupaten Banyuwangi. Dalam kompetisi itu pihaknya juga melibatkan PMI dari Provinsi Jawa Timur sebagai jurinya. “Untuk jurinya kami datangkan dari Provinsi jadi tidak ada kecurangan disini. Minimal dari kegiatan ini diharapkan anggota PMR berani terjun langsung ke lapangan untuk menolong korban, minimal di lingkungan sekolah atau keluarga,” papar mahasiswa tingkat akhir tersebut.

Dalam kompetisi itu runner up Juara Umum SBRC 2 disabet juga oleh SMAN 1 Genteng (namun berbeda regu,red) dan juara tiga oleh SMAN 1 Rogojampi. Masing – masing juara umum 1,2 dan 3 berhak mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Selamat ya kepada para pemenang.. (Humas)

Berita Mahasiswa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • 4 × three =