Berita

8 Juni 2015

UKS Stikes Beri Pelayanan Kesehatan Gratis

Foto UKS Pelayanan Gratis

UKS Stikes Beri Pelayanan Kesehatan Gratis

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi yang tergabung dalam UKS memberikan pelayanan kesehatan kepada pengunjung di Pantai Boom, Minggu (7/6). Pelayanan kesehatan yang dimulai rutin setiap Minggu mulai pukul 07.00 hingga 13.00 ini dinikmati secara gratis.
Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soerkardjo, S.Kep, MM mengatakan, pemilihan Pantai Boom sebagai tempat untuk memberi layanan kesehatan ini, karena setiap Minggu pagi Pantai Boom menjadi tempat untuk berolahraga dan kegiatan lain. Karena itu, banyak warga yang berdatangan. “Kami memilih Minggu pagi. Sebab, banyak orang yang berada disini,” ungkap Soekardjo.
Program pelayanan kesehatan yang merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi ini meliputi pengabdian kepada masyarakat yang terdiri atas pengecekan tekanan darah, kadar gula darah, kadar asam urat serta kadar kolesterol. Selain itu juga disediakan pelayanan konsultasi kesehatan.
Rosyi, salah satu pengunjung Pantai Boom yang memanfaatkan layanan tersebut mengakui, dirinya merasa terbantu dengan pelayanan kesehatan mahasiswa Stikes ini. Khususnya untuk mengecek dan mengontrol terhadap tekanan darah. “Setiap Minggu pagi saya rutin melakukan pengukuran tekanan darah yang dilaksanakan mahasiswa Stikes. Untuk pengecekan ini tidak ada biaya, namun jika ingin mengetahui berapa kadar gula darah, maka ada biaya penggantian stick saja,” ungkapnya.
Soekardjo menambahkan, banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari kegiatan tersebut. Para mahasiswa tersebut juga dapat melatih kepekaan dan keterampilan dalam berinteraksi dan berhubungan dengan masyarakat. Sebab, nanti setelah lulus mereka harus berada di tengah – tengah masyarakat. “Kegiatan rutin Minggu pagi dengan pelayanan kesehatan gratis telah dilaksanakan sejak tiga bulan ini,” ujarnya. (*)

Berita Utama

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • twenty − ten =