Blog

Gunakan Masker Ganda, Salah Satu Tips Cegah Covid 19
Serba Serbi

Gunakan Masker Ganda, Salah Satu Tips Cegah Covid 19

Hai sobat sehat, berjumpa kembali dengan artikel yang masih membahas tentang Corona Virus Disease atau Covid dimana salah satu cara cegah penularannya menggunakan masker ganda. Ternyata, membahas artikel “Tetap Waspada Saat Bekerja di Musim Pandemi Covid 19” belum cukup untuk menyadarkan kita tentang bahayanya virus corona ini.

            Melansir dari data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hingga Juli 2021 telah mencatat 3.331.206 jiwa yang terkonfirmasi Positif Covid 19, 2.686.170 jiwa yang dinyatakan sembuh dan 90.552 jiwa meninggal. Besarnya jumlah tersebut memberikan arti bahwa upaya yang telah dilakukan bersama untuk memutus rantai penyebaran virus corona belum cukup.

            Sebagian masyarakat mungkin telah jenuh, lelah atau bosan dengan himbauan yang dilayangkan oleh pemerintah, alih-alih  “hidup harus tetap berjalan, butuh uang untuk makan” menjadi alasan dilematis. Tak dipungkiri, banyak perusahaan mendadak gulung tikar akibat pendemi ini, tak sedikit pula masyarakat yang akhirnya harus beralih peran profesi karena di PHK. Anjuran dirumah saja hingga penutupan wilayah (lockdown, red) tak bisa membantu mereka yang terdampak segi ekonominya untuk terus berdiam diri.

            Belum usai pandemi, justru para pakar kesehatan telah menginfromasikan terkait temuan baru atau mutasi dari Covid 19, yakni varian Alpha, Beta dan Delta. Varian-varian tersebut memiliki ciri tanda dan gejala yang berbeda. Namun, yang perlu menjadi perhatian khusus ialah cara penularanya yang semakin beresiko besar serta lebih mudah menularkan. Bahkan, kini pemerintah telah menganjurkan seluruh masyrakat untuk menggunakan masker dobel atau ganda.

Baca Juga: Strategi Pengendalian Stunting di Era Pandemi

Manfaat masker ganda

Anjuran penggunaan masker ganda pastinya dinilai memberikan manfaat yang efisien. Beberapa manfaat diantaranya adalah :

  1. Membuat masker lebih pas dan lebih rapat diwajah, sehingga mengurangi terjadinya kebocoran saat bernafas.
  2. Filtrasi atau penyaringan udara dari luar semakin meningkat, sehingga virus pada udara dapat terhalang masuk saat menarik nafas
  3. Memberikan perlindungan yang lebih kuat dibandingkan dengan penggunaan satu masker. Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC), kemampuan menurunkan resiko penularan covid 19 sampai 90% apabila seseorang menggunakan masker ganda.

Penggunaan masker ganda yang benar

Masker ganda akan dinilai efektif dan efisien apabila digunakan dengan baik dan benar sesuai anjuran. Berikut adalah aturan pemakaian masker ganda yang dianjurkan.

1. Mengkombinasikan penggunaan masker kain dan masker bedah.

Dalam mengaplikasikan penggunaan masker dobel, masyrakat dapat menggunakan masker bedah satu kali pakai untuk lapisan dalam lalu ditumpuk dengan masker kain untuk bagian luar. Hal ini bertujuan agar masker kain yang diluar dapat memberikan tekanan lembut ke tepi masker lapisan dalam, sehingga masker akan lebih rapat saat digunakan. Penggunaan masker kombinasi ini memiliki efikasi perlindungan hingga 85,4% menurut CDC.

Ilustrasi penggunaan kombinasi masker kain dan masker bedah
Ilustrasi penggunaan kombinasi masker kain dan masker bedah

2. Menggunakan masker dengan kawat penyangga dibagian hidung

Tidak setiap masker memiliki kawat atau penyangga dibagian hidung, padahal kawat atau strip tersebut dapat mencegah kebocoran udara dari bagian atas masker. Untuk itu, usahakan pilih masker yang memiliki kawan peyangga,khusunya pemilihan pada masker bedahnya, biasanya berbahan logam atau lainnya. Pastikan juga untuk menekuk kawat tersebut sampai dirasa pas dengan hidung, sehingga dapat menutupi celah.

3. Menyimpulkan tali masker

Selain menggunakan masker ganda, masyarakat juga dapat melakukan cara lain untuk mencegah penularan Covid 19, yaitu dengan menyimpulkan tali maskernya. Hal ini dinilai juga memiliki efikasi yang sama besar menurut CDC.

4. Memperhatikan waktu penggunaan masker

Masker bedah merupakan masker yang dibuat untuk satu kali pakai. Masyarakat harus tetap memperhatikan durasi penggunaan masker tersebut. Masker bedah sekali pakai tersebut alangkah baiknya diganti apabila telah kotor, basah ataupun apabila masker tersebut menyentuh benda-benda kotor lainnya yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya banyak bakteri, kuman atau virus sekalipun.

Baca Juga: Tips Belajar Sehat Dirumah Selama Pandemi Covid 19

Hal – hal yang tidak boleh dilakukan dalam penggunaan masker ganda

Selain penjelasan diatas, masyarakat juga dihimbau untuk mengetahui hal-hal yang tidak benar dalam penggunaan masker ganda, yaitu :

1. Tidak menggabungkan penggunaan masker bedah

Masker bedah memang dianjurkan untuk digunakan pada penggunaan masker ganda, namun dalam hal ini tidak dianjurkan untuk digunakan secara double. Masker bedah dirancang tidak digunakan untuk bersamaan, karena fungsinya tidak akan meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

2. Tidak menggabungkan penggunaan masker kain

Sama halnya dengan masker bedah, penggunaan masker kain juga dilarang digunakan secara bersamaan.

3. Tidak menggunakan masker ganda ketika telah memakai Masker KN 95 ataupun Masker KF94.

Perbedaan Masker KN95 dan KF94

Masker KN 95 merupakan masker yang dinilai dapat menyaring partikel-partikel di udara hingga 95 persen, dan ini telah menjadi standar masker di Negara Cina. Masker KN 95 ini dapat digunakan oleh masyarakat umum, terutama ketika orang tersebut sedang berada di lingkungan yang beresiko menularkan virus Corona baik resiko sedang hingga resiko tinggi. Sedangkan Masker KF 94 adalah masker yng dinilai mampu menyaring partikel-partikel di udara hingga 94 persen. Masker KF 94 ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum.
Melihat efikasi kedua masker tersebut, maka penggunaannya pun dapat dipakai sendiri, tidak digunakan untuk lapisan penggunaan masker ganda ataupun masih harus dilapisi dengan masker lainnya.

Kondisi tertentu seseorang dapat menghentikan penggunaan masker ganda

            Bagi sebagian orang, penggunaan masker ganda dapat mengganggu aktifitas mereka. Pada beberapa kondisi tertentu, justru penggunaan masker ganda tidak dianjurkan untuk dipraktikkan. Contoh kondisi yang melarang menggunakan masker ganda yakni :

1. Jika mengganggu penglihatan

Apabila penglihatan dirasa terganggu ketika menggunakan masker ganda, maka penggunaan masker ganda dapat dihentikan atau mencoba menggunakan jenis masker lain yang lebih sesuai dan pas, dengan tetap memperhatikan aturan penggunaan masker yang baik dan benar.

Kasus seperti ini biasanya muncul pada sebagian orang yang menggunakan kacamata, lapisan masker yang bertumpuk menjadikan posisi masker menghalangi mata/kacamata sehingga dapat mengganggu penglihatannya

2. Jika kesulitan bernafas

Masker yang bertumpuk memang akan membuat seseorang akan mengalami kesulitan bernafas. Apabila merasakan hal tersebut, maka penggunaan masker ganda juga dapat dihentikan. Asalkan tetap menerapkan protokol kesehatan lainnya. Untuk menghindari terjadinya kesulitan bernafas, maka masyarakat harus memilih masker yang tepat dan nyaman saat digunakan. Hal ini bukan hanya berkaitan dengan gangguan pernafasan saja, apabila penggunaan masker ganda tetap dipaksakan, maka akan memicu seseorang untuk seringkali melepas maskernya agar dapat bernafas, justru peristiwa ini akan memunculkan resiko penularan virus Corona.

            Penggunaan masker ganda dengan baik oleh masyarakat harus tetap diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan lainnya, yaitu dengan melakukan 5M. Maksut dari 5M adalah menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak aman dengan orang lain minimal dua meter, menghindari kerumunan serta yang terakhir adalah mengurangi mobilitas fisik.

            Kunci dari keberhasilan seseorang terhindar dari penularan virus Covid 19 terletak pada prinsip individu itu sendiri. Bagaimana dirinya mampu untuk menerapkan perlikau hidup bersih dan sehat, menjaga kestabilan fikiran serta mengatur kesehatan secara berkala bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan sebelumnya.

            Peran masyarakat sangat besar dalam membantu pemerintah menanggulangi penyebaran virus Corona. Semua lintas sektor diharap mampu menjadi garda terdepan. Ketika kekompakan dapat terjalin, maka kondisi dapat membaik dan kondisi Indonesia bisa menjadi pulih seperti sedia kala.  

Mungkin cukup sampai disini pembahasan kita kali ini mengenai cegah Covid 19 menggunakan masker ganda. Jangan lupa ikuti akun Instagram @stikesbanyuwangi karena selain berita menarik kami juga berbagi tips kesehatan dan menjalin diskusi. (Humas)

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter