Blog

Stikes Banyuwangi Laksanakan Study Excursion ke Malaysia
Berita Utama

Stikes Banyuwangi Laksanakan Study Excursion ke Malaysia

IKUT SEMINAR : Rombongan Stikes mengikuti seminar internasional dengan topik status halal obat-obatan rumah sakit oleh Profesor Klinik Farmasi MSU Malaysia, Noorizan (4/4)

Sebanyak 44 peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi mengikuti study excursion di Management and Science University (MSU) Malaysia (3-5/4). Peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa berbagai program studi itu akan menjalani beberapa kegiatan, diantaranya ialah seminar internasional, diskusi pendidikan tentang persiapan pertukaran mahasiswa dan jenjang pendidikan S1, S2, S3 serta tour kampus. Para dosen yang diikut sertakan pada kunjungan tersebut ialah wakil ketua (waka,red) 1 bidang akademik, waka 2 bidang sarana prasaranan, waka 3 bidang kemahasiswaan, masing-masing ketua program studi, humas, biro keuangan, konseling, serta unit penelitian dan pengabdian masyarakat.

Mereka yang berangkat dari kampus pada Rabu (3/4) ini, dilepas langsung oleh Ketua Stikes, Bapak DR. H. Soekardjo dengan menghadirkan orang tua atau wali mahasiswa. Dalam sambutannya, ia menuturkan bahwa acara kunjungan ke Malaysia ini merupakan aplikasi penindaklanjutan dari kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang telah disepakati oleh Stikes dengan MSU.

Study excursion ini adalah wujud dari MoU kita, dimana kita telah banyak menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri, salah satunya adalah MSU,” ucapnya.

Selama di kampus ternama itu, rombongan disambut hangat oleh Prof. DR. Eddy Yusuf selaku Vice President Global Affairs. Diawali dengan perkenalan dan penyampaian maksud kunjungan, acara dilanjutkan dengan seminar internasional tentang Status Halal Obat-obat di Rumah Sakit, yang disampaikan oleh Noorizan Abdul Aziz, B. Pharm, M.Sc., Pharm. D, seorang profesor di klinik farmasi MSU.

TOUR KAMPUS : Rombongan Stikes berkunjung ke laboratorium forensik MSU Malaysia (4/4)

Usai kuliah umum, digelar sesi diskusi terkait pertukaran mahasiswa dan persiapan dalam membangun kelas internasional antara Stikes dengan MSU.  Tidak hanya itu, pembahasan juga menyinggung kesediaan MSU dalam menerima praktik magang mahasiswa Stikes. Setelah itu, rombongan diajak berkeliling kampus guna melihat dan belajar dibeberapa laboratorium kesehatan, seperti laboratorium anatomi fisiologi dan patologis, laboratorium farmasi, perpustakaan serta diberi kesempatan untuk berkunjung ke medical center MSU.

Soekardjo berharap, adanya kunjungan ini dapat memberi wawasan baru kepada mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikannya. “Hal ini akan terus kita tindak lanjuti, tidak hanya berfokus pada pertukaran mahasiswa, tapi juga tentang adanya double degree dan peningkatan jenjang karir doktor bagi dosen Stikes” pungkas pria yang hobi bermain tenis tersebut.

Double degree ini, lanjutnya, merupakan program dari prodi farmasi yang terintegrasi dengan MSU dari awal. “Kedepan kita akan realisasikan, mahasiswa nanti kuliah D3 farmasinya di Stikes dan S1 nya di MSU,” imbuhnya

Sementara itu, Prof. DR. Eddy Yusuf (Malaysia) mengaku senang mendapat kunjungan dari Stikes Banyuwangi. Dan dalam waktu dekat, tepatnya Jum’at (12/4) dirinya akan hadir ke Kota Gandrung ini untuk memberikan seminar internasional tentang Health Care Service di kampus Stikes. (Humas)

Leave your thought here