Blog

Soekardjo Terpilih Sebagai Ketua Forum BWI Sehat
Berita Utama

Soekardjo Terpilih Sebagai Ketua Forum BWI Sehat

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi, DR. H. Soekardjo terpilih sebagai Ketua Forum Banyuwangi Sehat (FBS) untuk periode 2019-2020 pada Senin (14/3) di Gandrung Osing Resto, Glagah.

FBS merupakan forum masyarakat yang secara nasional mempunyai tujuan mewujudkan Banyuwangi yang bersih, sehat, nyaman untuk dihuni, baik untuk pembangunan masyarakat maupun lingkungannya. Forum ini terdiri dari unsur praktisi dan akademisi, yang bersama-sama mengikuti verifikasi dalam pembangunan diberbagai sektor potensial demi mendukung ketercapaian indikator pembangunan baik human index development  maupun sektor riil lainnya. Selain itu, forum ini didukung kepercayaan oleh pemerintah provinsi, nasional, bahkan internasional melalui apresiasi dalam bentuk penghargaan untuk Kabupaten Banyuwangi.

DR. H. Soekardjo

Pria yang akrab dipanggil Soekardjo ini, mengucap inalillahi ketika mendapat amanah untuk bisa memimpin FBS. “Ini adalah amanah besar bagi saya, selama satu tahun kedepan FBS ini harus bisa go nasional,” ucapnya.

Ada enam tatanan yang Kabupaten Banyuwangi ajukan tahun ini, lanjutnya, diantaranya ialah tatanan kawasan permukiman dan sarana prasana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kawasan tertib lalu lintas, tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat, dimana tatanan tersebut telah dilaksanakan semua komponen masyarakat di Kabupaten Banyuwangi baik sektor pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Tidak hanya ia sendirian, Tim Promotor Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) yang dimiliki Stikes turut menjadi relawan dalam FBS tersebut. “ Promotor UKS yang kita miliki, tertulis pada SK untuk membantu disetiap program FBS. Mereka menjadi relawannya,” katanya

Forum yang memiliki kantor sekretariat tetap (sektap, red) di area Dinas Kesehatan tersebut, saat ini sedang mempersiapkan verifikasi nasional dan tindak lanjut program kerja tahun 2019-2020 untuk meraih penghargaan Swasti Saba Wistara.

“Saat ini kita sudah mulai bergerak, diawali dengan pembagian tim wilayah utara dan selatan. Diharapkan setiap kecamatan nantinya mempunyai kantor sekretariat tetap forum komunikasi kecamatan sehat (FKKS),” imbuh pria yang pernah dinobatkan sebagai Tokoh Pelopor Pendidikan Kesehatan versi PWI itu.

Soekardjo berharap, nantinya FBS ini bukan hanya aktif karena adanya lomba saja,   namun juga untuk mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya serta dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat Banyuwangi. (Humas)

 

Berita ini juga telah dimuat pada Jawa Pos Radar Banyuwangi – Edisi Senin 21 Mei 2019

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.