Blog

Pengurus Baru Ormawa Wajib Ikuti Latihan Keterampilan Manajemen
Berita Mahasiswa

Pengurus Baru Ormawa Wajib Ikuti Latihan Keterampilan Manajemen

TUGAS KELOMPOK : Peserta LKMM mendapatkan tugas melakukan sebuah Analisa SWOT dari jabatan yang diduduki di organisasi yang diikutinya, kemudian dipresentasikan sesuai divisinya masing-masing.

Sebanyak 43 mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan (ormawa) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMMTD) periode 2019-2020 selama tiga hari di ruang seminar rektorat pada Jum’at – Minggu (5-7/7). Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh ormawa yang terhimpun dibawah naungan bidang kemahasiswaan Stikes Banyuwangi yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi).

Rudiyanto M.Kep selaku ketua panita menginformasikan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah mengajarkan tentang menjalankan hak dan kewajiban didalam organisasi yang diikutinya. “Tujuannya untuk memberikan pengetahuan terkait me-manage­ organisasi, bagaimana organisasi itu harus berjalan dengan benar dan mampu mencapai visi misinya,” ucap pria yang akrab dipanggil Rudi tersebut.

Rudi yang kesehariannya juga menjadi dosen di S1 Keperawatan itu menambahkan, selama tiga hari peserta tidak hanya diberi materi tentang organisasi. Pihak panitia terutama tim acara telah menyusun acara yang lebih interaktif dan berinovasi untuk mencegah kebosanan. Dihari pertama, ada seremonial pembukaan oleh bapak DR. H. Soekardjo selaku ketua Stikes, dilanjutkan dengan materi. Hari selanjutnya, diisi dengan materi lanjutan serta aplikasi dari semua materi yang telah diberikan. Dan dihari terakhir, peserta mengikuti outbound untuk meningkatkan kerjasama dan kekompakan dalam organisasi. “Kita sengaja membuat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seperti adanya aplikasi ini. Dengan harapan, peserta dapat menerapkan semua ilmu yang telah diperoleh ketika mereka mulai berjalan pada tupoksinya masing-masing. Dihari terakhir, selain outbound juga ada seremonial penutupan oleh ketua Stikes dan pengumuman hasil juara,” tambahnya

KOMPAK : Kelompok LKMM mengatur strategi kerjasama untuk dapat menyelesaikan permainan Moving Boom dalam kegiatan Outbound yang diberikan oleh panitia (7/7)

Salah satu peserta kegiatan, Vena Octania mengaku senang mengikuti LKMM ini. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang ia dapatkan, selain tentang tata cara organisasi yang benar, wanita yang merupakan perwakilan dari BEM itu mendapatkan materi yang mungkin tidak ia dapatkan di kelas perkuliahan seperti, manajemen konflik, komunikasi efektif, pendidikan karakter, dan lain sebagainya. “Saya senang, acara ini benar-benar menyatukan semua ormawa untuk saling kompak mencapai tujuan bersama, “ ungkap Vena

Sementara itu, DR. H. Soekardjo selaku pimpinan Stikes Banyuwangi mengapresiasi kegiatan tahunan tersebut. Dirinya berharap output peserta yang mengikuti LKMM TD lebih nampak pada implementasinya selama satu periode mendatang. “Saya harap mahasiswa yang beramanah di organisasi Stikes Banyuwangi dapat memberikan karya terbaiknya, terutama untuk membuat inovasi-inovasi baru. Serta menjadikan ormawa Stikes lebih baik kedepannya,” harapnya. (Humas)

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.