Blog

UKM English Club Gelar Workshop Dan Debate Bahasa Inggris
Berita Mahasiswa

UKM English Club Gelar Workshop Dan Debate Bahasa Inggris

M. Rizal Kuddah, Key note speaker Workshop & Debate Competition

 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Club Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi sukses menggelar Workshop and Debate Competition British Parliamentary System, Sabtu (13/7). Kegiatan yang berlangsung di ruang seminar rektorat lantai dua itu, dibuka oleh Bapak Erik Toga M.Kes, selaku wakil ketua dua bidang sarana prasarana.

Dihadiri sekitar 80 orang yang berasal dari berbagai institusi. Selain Stikes Banyuwangi, hadir dari Universitas PGRI Banyuwangi, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Banyuwangi, Institut Agama Islam Darussalam Blokagung Banyuwangi, Institut Agama Islam Ibrahimy Banyuwangi, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dewantara Jombang. Pematerinya ialah Rizal Kuddah, seorang english instructor di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Ketua pelaksana kegiatan, Ardhika Pramana Citra menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam dua bentuk, workshop dan debate competition. Tujuannya ialah untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam penguasan bahasa Inggris terutama dalam bidang speaking (baca, berbicara), melatih mahasiswa untuk percaya diri melakukan kompetisi debat, serta memberikan pandangan para peserta tentang sebuah perlombaan debat bahasa Inggris.

ASAH KEMAMPUAN: Penampilan salah satu peserta dari STIE Dewantara Jombang saat mengikuti debate competition di Stikes (13/7).

“Kita agendakan peserta tidak hanya datang langsung debat, tapi ada workshop tentang kiat-kiat mengikuti lomba debat oleh pemateri. Sesi pertama workshop yang dihadiri oleh 80an peserta, sesi kedua dilanjutkan dengan kompetisi debat yang diikuti oleh 8 tim,” ucap mahasiswa S1 Keperawatan itu.

Dalam sambutannya, Erik Toga mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM Eclub tersebut. Pasalnya, meski ini ialah kegiatan perdana tapi dapat menghadirkan narasumber yang tidak main-main. Tidak hanya seorang dosen, tapi juga sering berkecimpung menjadi juri pada National University Debating Championship (NUDC) yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI).

“Ini merupakan program kerja yang bagus, karena ini menjadi wadah mahasiswa untuk dapat mengasah kemampuannya dalam berbahasa Inggris, saat ini bahasa Inggris menjadi bekal untuk dapat mengembangkan diri dikancah internasional,” ujar Erik.

Keynote speaker atau narasumber acara, Rizal Kuddah menyampaikan tentang bagaimana seseorang dapat percaya diri berbahasa Inggris, begitu juga tentang tehnik-tehnik mengikuti lomba debat. Ia senang bisa hadir di kampus kesehatan ini. Menurutnya, tidak banyak instansi pendidikan dalam bidang kesehatan mau mengadakan kegiatan yang bertemakan workshop ataupun debate competition bahasa Inggris. Kedepan dirinya berharap, acara ini dapat menjadi program tahunan sebagai bentuk kaderisasi, serta membentuk kelompok-kelompok debat bahasa Inggris.

“Harapan saya, Stikes bisa menciptakan klub debate dan outputnya nanti bisa masuk dalam NUDC LLDIKTI wilayah 7,” cetus pria kelahiran surabaya ini.

Salah satu peserta terjauh asal STIE Dewantara Jombang mengaku senang bisa mengikuti workshop dan debate bahasa Inggris di Stikes Banyuwangi. Selain untuk mencari pengalaman, ia bersama dua rekan lainnya juga ingin membangun relasi kerjasama yang baik terhadap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

Dalam kegiatan debat, terdata tiga tim yang berhasil meraih penghargaan berupa uang pembinaan, sertifikat, serta doorprize. Mereka ialah tim dari Prodi Farmasi Stikes Banyuwangi yang berhasil meraih juara ketiga, tim IAIDA Blokagung satu yang meraih juara kedua. Sedangkan juara pertama diraih oleh tim IAIDA Blokagung dua.

FOTO BERSAMA: Para pemenang debate foto bersama Ketua Stikes dan Pemateri usai menerima hadiah penghargaan.

Selamat kepada para pemenang, dan terimakasih kami ucapkan untuk pihak sponsorship yang telah ikut andil mensukseskan acara. Bank Mandiri Syariah, Biznet, Wardah, Radio Mandala Banyuwangi, serta Stikes Banyuwangi TV. (Humas)

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.