Blog

Dinas Kesehatan Gelar Perti Husada Cabang III di Stikes
Berita Utama

Dinas Kesehatan Gelar Perti Husada Cabang III di Stikes

Dorong semua Puskesmas Miliki SBH

FOTO BERSAMA: Kepala Dinas Kesehatan, Ketua Stikes, Kepala Puskesmas dan seluruh peserta pertihusada berfoto bersama usai mengikuti upacara pembukaan di halaman kampus Stikes Banyuwangi (9/8).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi menggelar Perkemahan Bhakti Husada di bumi perkemahan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi. Kegiatan yang berlangsung tiga hari (9-11/8) itu diikuti oleh 170 peserta Saka Bhakti Husada (SBH) yang berasal dari 15 Puskesmas yang ada di Banyuwangi.

          Pipit Hariyono, S.Kep selaku instruktur saka dari Stikes Banyuwangi mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan oleh dinas kesehatan, dan Stikes Banyuwangi sering menjadi mitra dalam kegiatan tersebut. “Dinas kesehatan dan Stikes telah memiliki kerjasama dalam medukung kegiatan-kegiatan SBH ataupun UKS, tidak hanya sebagai tuan rumah. Melainkan juga tentang sumber daya manusianya,” ucapnya.

          Pria yang juga menjadi koordinator Tim Promotor Usaha Kesehatan (UKS) Stikes ini menambahkan, bahwa dalam acara Pertihusada tersebut dirinya juga diberi amanah untuk menjadi pembicara dalam kegiatan orientasi SBH bagi kepala puskesmas dan pengelola program SBH puskesmas se–Kabupaten Banyuwangi di kantor dinas kesehatan (8/8).

          Kegiatan perkemahan cabang III tersebut, imbuhnya, dikonsep oleh anggota dari racana Stikes Banyuwangi. Racana merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dibidang kepramukaan tingkat perguruan tinggi. “Sebagian yang menjadi panitia juga berasal dari mahasiswa Stikes,” imbuhnya

BERTUGAS : Anggota Racana Stikes Banyuwangi Lupi (tengah) dan Rudi (kanan) berpartisipasi menjadi panitia dalam kegiatan Pertihusada III.

          Sementara itu, Ketua Stikes Banyuwangi DR. H. Soekardjo mengapresiasi kegiatan pertihusada ini. Beliau turut hadir dan berkesempatan memberikan sambutan dalam acara pembukaan bersama Kepala Dinas Kesehatan, dr. H Widji Lestariono, M.Mkes. Menurutnya, SBH ini sangat erat korelasinya dengan kompetensi dalam bidang kesehatan. Ia dan Kadinkes Banyuwangi dalam sambutannya sama-sama berharap bahwa seluruh puskesmas memiliki SBH.

          “Besar harapan kami, seluruh puskesmas memiliki SBH. Anak-anak SBH  dinilai memiliki karakter dan softskill yang baik. Hal ini terbukti dari hasil evaluasi yang telah berjalan bertahun-tahun sebelumnya pada mereka yang masuk PT di Stikes,” jelasnya.

Kedepan, pihaknya juga tertarik mengadakan kegiatan serupa yang menyasar pramuka kesehatan di Banyuwangi. “Kegiatan ini akan ditindak lanjuti, kita memiliki tim promotor UKS, ada juga racana, bahkan SDM nya pun telah bersertifikat Instruktur Saka Nasional. Berlanjut dengan realisasi kerjasama menggandeng puskesmas–puskesmas dan dinas kesehatan tentunya,” tutur Soekardjo. (Humas)

*berita ini juga dimuat pada Radar Banyuwangi edisi 16 Agustus 2019.

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.