Blog

Mahasiswa Stikes Kunjungan Industri ke PT. Suri Tani Pemuka
Berita Mahasiswa

Mahasiswa Stikes Kunjungan Industri ke PT. Suri Tani Pemuka

PEMAPARAN MATERI : Rombongan Stikes mendapatkan materi ilmu K3 dari tim EHS JapFa Group

        Mahasiswa program studi diploma tiga (D3) Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi beserta dosen pendamping prodi melakukan kunjungan industri ke PT. Suri Tani Pemuka Aquafeed, Selasa (29/10) kemarin. Kunjungan ini bertujuan sebagai pemantapan ilmu yang diperoleh saat kuliah, yakni tentang pembelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

          Rombongan berjumlah sekitar 45 orang ini disambut oleh tim Environtment Health Safety (EHS). Kegiatan diawali dengan presentasi sekilas tentang profil umum perusahaan yang berfokus pada pembuatan pakan ternak tersebut. Dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait prosedur keselamatan kerja yang diterapkan di PT Suri Tani Pemuka. Usai presentasi, mereka diajak berkeliling area produksi, seperti lokasi penyediaan bahan baku, pencampuran bahan hingga pengemasan.

          Indah Lutfia, salah satu perwakilan mahasiswa mengaku senang dengan adanya pembelajaran ke industri-industri. Menurutnya, meski industri yang dikunjungi bukan sebuah perusahaan yang berjalan dibidang kesehatan, namun hal ini dirasa penting untuk diikuti oleh para mahasiswa kesehatan. “Menurut saya ini menarik dan penting, karena saat kuliah pun kita juga mendapatkan materi K3. Selain itu, dari hal ini kita akhirnya mkendapat wawasan baru sekaligus peluang untuk mencari pekerjaan yang mengambil sisi kesehatannya,” ucap mahasiswa semester 5 itu.

PLANT TOUR: Mahasiswa Stikes didampingi oleh tim EHS berkeliling area produksi dari PT. Suri Tani Pemuka Aquafeed Banyuwangi, Selasa (29/10)

          “Kunjungan ini memang menjadi program rutin yang diselenggarakan oleh prodi sebagai wadah mahasiswa mengembangkan ilmu, termasuk dalam hal enterpreneur. Selain itu juga mengembangkan inovasi kurikulum di Stikes sesuai himbauan Bupati,” cetus Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo

          Pria yang akrab disapa Soekardjo ini berharap, melalui kunjungan industri mahasiswa mendapatkan pengetahuan tambahan. Kedepan, ia juga meminta mahasiswa dapat menjalin kerjasama yang lebih luas, terutama menyangkut indikator Tri Darma Perguruan Tinggi.

          “Saya berharap, mahasiswa tidak hanya berhenti sampai pemahaman tentang K3 di sebuah industri. Bahkan, mahasiswa juga mampu untuk melakukan sebuah penelitian di industri-industri besar seperti Japfa Group ini,” tandasnya

          Sementara itu, Sutomo Brata selaku EHS National Coordinator area timur dari Japfa Group mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang telah dilakukan oleh rombongan Stikes Banyuwangi. “Terimakasih atas kunjungan dari mahasiswa Stikes, ini juga menjadi program perusahaan untuk memperkenalkan keberadaan industri kami. Selain itu juga untuk memberikan pendidikan kepada para mahasiswa tentang K3, agar ketika besok bekerja telah paham ataupun tidak kaget,” ujarnya. (Humas)

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.