Blog

Stikes Terus Torehkan Prestasi
Berita Utama

Stikes Terus Torehkan Prestasi

Raih Juara Nasional Video Kesehatan dan Gelar Lomba Khusus Pelajar SMA

JUARA NASIONAL : Tim Moment (Juara 1) dan Tim Bijak (Juara 2) usai menerima penghargaan daloma lomba video kesehatan di Stikes Karya Husada Kediri (28/01).

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi telah berusia 13 tahun. Pengembangan pada berbagai aspek terus dilakukan, salah satunya dengan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh mahasiswanya. Belum lama ini, enam mahasiswa Stikes yang terbagi menjadi dua tim meraih juara 1 dan 2 tingkat nasional lomba video kesehatan dalam ajang National Nursing Skill & Intervention Competition (28/01) di Kediri.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Stikes Karya Husada Kediri itu, dua tim mahasiswa membuat video inspirasi yang bertemakan tentang gawai. Tim pertama mempersembahkan video dengan judul “Moment”, dan tim kedua dengan videonya yang berjudul “Bijak”. Kedua tim ini berhasil mengalahkan 6 peserta lainnya yang masuk kedalam babak final melalui proses presentasi hasil karyanya.

Rima Ambarwati, salah satu anggota dari tim peraih juara 1 mengaku senang atas prestasi yang diraih bersama teman-temannya. Ia merasa tidak menyangka, dapat membawa pulang dua piala untuk kampus Stikes Banyuwangi. “Speechless rasanya bisa meraih juara 1 tingkat nasional, alhamdulillah juga kita mengirimkan 2 tim dan keduanya membawa juara,” tutur mahasiswi keperawatan yang sedang menempuh semester akhir itu.

Kompetisi ini, lanjutnya, dapat menjadi pembelajaran bahwa mahasiswa keperawatan mampu memiliki keahlian dalam bidang yang berbeda selain bidang kesehatan. “ Ini merupakan bukti, bahwa mahasiswa kesehatan dapat berprestasi dalam kejuaraan nasional bidang akademik. Dan di Stikes Banyuwangi, kita didukung penuh, dibimbing dan difasilitasi,” imbuhnya

Diusianya yang ke 13 ini, Stikes Banyuwangi juga terus menambah inovasi-inovasi baru untuk melakukan promosi kampus. Selain dengan menambah empat program studi yakni S1 Kebidanan, Profesi Bidan, S1 Gizi dan D4 Teknologi Laboratorium Medis, kampus pencetak tenaga kesehatan itu menggelar lomba-lomba khusus pelajar menengah atas atau kejuruan se Besuki dalam rangka Diesnatalis ke 13 nya.

Santunan Adik-adik yatim piatu oleh Ketua Stikes Banyuwangi DR H Soekardjo dan Pembina Yayasan Perwakes Bida H Hariadji Sugito SKM MM

Berbagai serangkaian kegiatan digelar dalam waktu sepekan, mulai dari lomba dakwah agama islam, baca berita radio, poster kesehatan, cerdas cermat, First Aid Competition, english presentation skill dan Story Telling. Pada malam puncak (20/1), di Auditorium GBK Stikes dilaksanakan pentas seni mahasiswa, santunan kepada 30 anak yatim, penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba, serta penobatan duta kampus periode 2019 – 2020.

          Dengan mengusung tema “Get Higher Education in The Fourth Industrial Revolution”, adanya konsep baru dalam perayaan ulang tahun Stikes tersebut diharapkan dapat lebih memperkenalkan keberadaan Stikes Banyuwangi kepada masyarakat, terutama para pelajar yang menjadi sasaran Stikes.

          Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo mengapresiasi atas prestasi yang terus ditorehkan oleh mahasiswa-mahasiswanya. Menurutnya, memang seharusnya mahasiswa terus berinovasi, mengasah soft skillnya, mengembangkan diri sekreatif mungkin. Bagi Soekardjo, apa yang diraih Stikes Banyuwangi kini merupakan hasil usaha keras dari seluruh sivitas akademika.

          “Melalui prestasi-prestasi ini, diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas tentang kualitas dari Stikes. Kita tidak hanya berfokus dalam mencetak tenaga kesehatan saja, melainkan juga membekali lulusan dengan soft skill yang profesional, berdaya saing global, dan multitalent,” ucapnya

          Mewakili sivitas akademika, pria yang juga sebagai ketua Forum Banyuwangi Sehat (FBS) Kabupaten Banyuwangi itu mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang telah meraih juara 1 dan 2 lomba video kesehatan nasional. Turut mengucapkan selamat kepada SMA Negeri 1 Rogojampi sebagai juara umum lomba-lomba perayaan Diesnatalis Stikes ke 13.

          Selain itu,  juga mengucapkan selamat untuk para pemenang lomba lainnya. Kepada para pemenang lomba cerdas cermat, SMKN 1 Banyuwangi sebagai juara 1, disusul SMAN 1 Rogojampi sebagai juara 3 dan SMK Visi Global sebagai juara 3. Untuk lomba poster, juara 1 dan 2 diraih oleh SMAN 1 Rogojampi, juara 3 diraih oleh SMKN 1 Banyuwangi. Lomba baca berita, juara 1,2, dan 3 diborong oleh SMAN 1 Rogojampi. Para pemenang lomba First Aid Competition, juara 1 diraih SMAN 1 Glenmore, juara 2 dan 3 diraih oleh SMAN 1 Rogojampi grup putra dan putri, juara harapan 1 diraih MAN 4 Banyuwangi dan harapan 2 diraih oleh SMAN 1 Genteng.

Mengucapkan selamat pula kepada para pemenang lomba dakwah agama islam, juara 1 SMAN 2 Situbondo, disusul SMKN 1 Banyuwangi dan SMK Nurut Taqwa. Untuk juara 1 lomba Story Telling dimenangkan oleh SMKN 1 Banyuwangi, juara 2 dimenangkan oleh sekolah MAU Nuris, juara 3 dimenangkan oleh MAU Mambaul Huda. Sedangkan untuk lomba English Presentation Skill, SMA N 1 Rogojampi berhasil meraih juara 1, disusul MAU Mambaul Huda sebagai juara 2, dan SMAN 2 Jember yang meraih juara 3.

 “Selamat dan terimakasih atas partisipasinya. Selain memberika trophy, sertifikat, dan uang pembinaan. Kami juga memberikan voucher gratis biaya pendaftaran mahasiswa baru di Stikes untuk setiap pemenang lomba,” terang Soekardjo.

Duta Kampus Stikes Banyuwangi Periode 2019-2020

          Segenap sivitas akademika Stikes Banyuwangi juga mengucapkan selamat bertugas untuk mahasiswa atas nama Dwiki Rizal (S1 Keperawatan 2) dan Nur Vika Indah Sari (S1 Keperawatan 3B) yang terpilih sebagai duta kampus Stikes Banyuwangi 2019-2020. (Humas)

TONTON JUGA VIDEONYA !!

Diesnatalis Stikes Banyuwangi ke 13

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.