Blog

Wabah Covid 19 Tak Kunjung Usai,  Stikes Banyuwangi Gelar Seleksi Mahasiswa Baru Lewat Online
Berita Utama

Wabah Covid 19 Tak Kunjung Usai, Stikes Banyuwangi Gelar Seleksi Mahasiswa Baru Lewat Online

Banyuwangi – Hai sobat sehat, belum lama ini Stikes Banyuwangi menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru (Sipenmaru) melalui daring atau online, Selasa (14/4). Cara ini dilakukan sebagai bentuk menyikapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)  yang belum juga berakhir. Himbauan dari pemerintah mengenai untuk Physical Distancing, tidak mengadakan kegiatan yang harus menyertakan banyak orang serta demi kesehatan sesama, menjadi salah satu alasan kuat mengapa Sipenmaru Gelombang 2 untuk Tahun Akademik 2020 – 2021 dilakukan secara online.  

Proses Tes Kesehatan kepada para peserta seleksi melalui panggilan Video Call WhatsApp

Seleksi yang diikuti oleh sekitar 63 calon mahasiswa baru dari berbagai sekolah menengah atas dan kejuruan itu terdiri dari tiga jenis tes, yang semuanya dilakukan secara online. Tes pertama ialah Psikotest yang dilakukan dengan cara mengisi sebuah pertanyaan melalui Google Form. Tes kedua adalah tes wawancara, yang caranya juga sama dengan Psikotest. Tes ketiga yakni tes kesehatan, yang dilakukan melalui panggilan Video Call dari WhatsApp.

Usai semua tes terlaksana, maka akan segera diumumkan hasil kelulusan seleksi. Informasi kelulusan dilakukan di  hari Senin (20/4) yang diposting pada laman resmi website kampus swasta ini. Dalam pengumuman tersebut, akan terpapar keterangan peserta dinyatakan lulus atau tidak lulus.

Bagi peserta dengan keterangan lulus, maka dinyatakan resmi diterima menjadi calon mahasiswa baru di Stikes Banyuwangi, dengan tanda bukti telah melakan daftar ulang kebagian Biro Administrasi Keuangan atau bendahara. Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus, maka dinyatakan gagal dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Baca Juga, Hasil Kelulusan SIPENMARU Gelombang 2 TA. 2020 – 2021. https://stikesbanyuwangi.ac.id/pengumuman-sipenmaru-gel-2-ta-2020-2021/

Sampai saat ini, wabah corona belum juga usai, bahkan himbauan untuk belajar dan bekerja dari rumah terus diperpanjang sampai waktu yang akan ditentukan kemudian. Tentu saja, hal ini juga menjadi sedikit kendala untuk beraktifitas seperti biasanya. Namun meski begitu, dengan adanya himbauan tersebut bukan berati masyarakat bisa dengan mudahnya untuk berlibur.

Di Stikes Banyuwangi, yang kini memiliki 10 jurusan atau program studi (prodi, baca) itu, aktifitas belajar mengajar tetap berjalan. Proses perkulihan dilakukan secara online melalui berbagai platform yang dipilih oleh dosen. Bahkan, kegiatan ujian tugas akhir dan skripsi juga tetap berlangsung secara baik melalui daring.

Program Studi atau jurusan yang ada di Stikes Banyuwangi :
1. S1 Keperawatan (S.Kep) – Akreditasi B
2. Profesi Ners (Ns) – Akreditasi B
3. S1 Kebidanan (S.Keb) – Prodi Baru
4. Profesi Bidan – Prodi Baru
5. S1 Gizi (S.Gz) – Prodi Baru
6. S1 Farmasi (Lanjutan D3 Farmasi) Joint Degree MSU Malaysia – Prodi Baru
7. D4 Teknologi Laboratorium Medis (S.Tr.Lab) – Prodi Baru
8. D3 Keperawatan (Amd.Kep) – Akreditasi B
9. D3 Kebidanan (Amd.Keb) – Akreditasi B
10. D3 Farmasi (Amd.Farm) – Akreditasi C
11. S1 Administrasi Kesehatan (S.Kes) – Segera Dibuka

Tidak hanya itu, dengan adanya himbauan tetap dirumah saja para calon mahasiswa baru juga dapat melakukan pendaftaran kuliah di Stikes Banyuwangi. Melalui proses yang mudah, para calon mahasiswa baru bisa melakukan pendaftaran secara online.

Daftar mahasiswa baru di Stikes Banyuwangi http://pmb.stikesbanyuwangi.ac.id/

Berbagai hal dilakukan oleh kampus beralamatkan di jalan Letkol Istiqlah itu, agar semua proses pendidikan tetap berjalan dan mencapai tujuan. Sama dengan kampus yang lainnya, Stikes Banyuwangi juga memberikan subsidi paket data internet kepada para mahasiswa semua prodi yang telah dan/atau sedang melaksanakan perkuliahan secara daring.

Ketua Sipenmaru Stikes Banyuwangi, Ivan Rachmawan S.Kom membenarkan bahwa saat ini kampus Stikes Banyuwangi untuk pertama kalinya melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui online. “Ini pertama kalinya kita lakukan melalui online, biasanya kita menghadirkan para peserta di kampus,” tutur Ivan Rachmawan

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan ini menambahkan, bahwa Stikes Banyuwangi tengah berupaya untuk tetap menjaga kualitas pendidikan untuk mahasiswanya ditengah pandemi covid-19 ini. “Proses belajar mengajar tetap berjalan, begitu juga dengan pendaftaran mahasiswa baru. Keduanya kita lakukan secara daring semuanya,” imbuhnya

Ivan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya sivitas akademika Stikes Banyuwangi untuk mematuhi aturan yang dianjurkan oleh pemerintah. Masyarakat harus tetap memperhatikan kesehatan diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat, rutin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak lebih dari 1 meter serta tetap dirumah saja.

“Mari kita semua saling bersinergi memutus rantai penyebaran covid 19 ini dengan mematuhi semua anjuran dan himbauan, tak lupa terus berdoa agar wabah corona di Indonesia segera berakhir dan kita semua dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala,” pungkas Ivan. (Humas)

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.