Blog

Pelapasan Mahasiswa Kebidanan Stikes Banyuwangi ke Lahan Praktik
Berita Utama

Pelapasan Mahasiswa Kebidanan Stikes Banyuwangi ke Lahan Praktik

Mahasiswa Sarjana Kebidanan siap mengikuti praktik di pelayanan kesehatan. Hal ini ditandai dengan telah disematkannya tanda praktik lahan kebidanan oleh Ketua Stikes Banyuwangi, Senin (25/7). Acara yang berlangsung secara luring di Auditorium GBK itu diikuti oleh 24 mahasiswa sarjana kebidanan tingkat 2.

Selain mengundang hadirkan jajaran senat, turut hadir Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Banyuwangi, Ketua IBI Banyuwangi, perwakilan lahan praktik mahasiswa yakni RS Islam Fatimah, Dewan Pembina PERWAKES BIDA dan Ketua IKOMA. Selain itu, orang tua mahasiswa turut menyaksikan prosesi penyematan tersebut.

Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo menjelaskan, kegiatan ini merupakan tanda pelepasan mahasiswa yang pertama kalinya melakukan praktik di pelayanan kesehatan. Bukan hanya sekedar simbolis, kegiatan ini menunjukan bahwa mahasiswa telah dibekali dengan beragam persiapan, sehingga mereka akan lebih siap dalam menjalani praktik di lahan masing-masing.

“Kegiatan ini rutin kami lakukan, sebagai pengantar mahasiswa akan menjalani praktik baik di Rumah Sakit ataupun Puskesmas. Dengan menghadirkan orangtua, kami berharap orangtua ikut berperan dalam memberikan dukungan ataupun motivasi, serta menyaksikan bahwa putra putrinya akan terjun ke masyarakat,” tutur Soekardjo

Pelepasan mahasiswa S1 Kebidanan Stikes Banyuwangi ke lahan praktik
FOTO: Pemasangan Jas Laboratorium oleh Ketua Prodi Sarjana Kebidanan, Desi Trianita, SST., M.Kes sebagai simbolis pelepasan mahasiswa telah siap praktik di pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Mahasiswa Kebidanan Stikes Banyuwangi Siap Praktik di Pelayanan Kesehatan

Sementara itu, Kepala Bidang SDK, Sudarto Setyo N, SKM., M.Kes menyampaikan, dengan adanya mahasiswa kebidanan yang akan turun ke masyarakat mohon kiranya untuk selalu menjaga sikap selama praktik, menunjukkan semangat dan etos kerja yang baik sebagai bentuk tanggung jawab teman-teman memilih menjadi tenaga kesehatan, khususnya menjadi seorang bidan.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua IBI Banyuwangi, Bd. Hj. Yulianingsih, M.M.Kes, bidan merupakan ujung tombak dari keselematan ibu melahirkan serta bayi baru lahir. Melalui kegiatan praktik ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diberi sebaik mungkin, serta menjenjaga sikap atau etika kebidanan.

“Saya juga berharap mahasiswa kebidanan Stikes ini dapat ikut berkontribusi dalam memberikan pelayanan sebaik mungkin, khususnya dalam bidang menurunkan angka kematian ibu dan bayi, “.

*(Humas)

Counter