Blog

Mahasiswa Kebidanan Stikes Banyuwangi Siap Praktik di Pelayanan Kesehatan
Berita Utama

Mahasiswa Kebidanan Stikes Banyuwangi Siap Praktik di Pelayanan Kesehatan

Program Studi Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan Stikes Banyuwangi menggelar Kegiatan Penyematan Tanda Praktik Lahan Kebidanan, Kamis (6/1/2022). Acara yang berlangsung secara luring di Auditorium GBK itu diikuti oleh Mahasiswa Sarjana Kebidanan tingkat 2.

Selain mengundang hadirkan tim senat, turut hadir Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Banyuwangi, Ketua IBI Banyuwangi, perwakilan Lahan Praktik mahasiswa (RSI Fatimah dan Puskesmas), Ketua PERWAKES BIDA dan Ketua IKOMA. Selain itu, ornag tua mahasiswa turut menyaksikan prosesi penyematan tersebut.

Pelepasan Praktik Mahasiswa Kebidanan Stikes Banyuwangi
SIMBOLIS : Ketua Stikes Banyuwangi, memasangkan jas praktik kepada perwakilan mahasiswa kebdianan sebagai simbol penyematan tanda praktik lahan kebidanan, Kamis (6/1/22).

            Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo menjelaskan, kegiatan ini merupakan tanda pelepasn mahasiswa yang akan pertama kalinya melakukan praktik di pelayanan kesehatan.

Bukan hanya sekedar simbolis, melalui kegiatan ini juga menunjukan bahwa mahasiswa telah dibekali dengan beragam persiapan, sehingga mereka akan lebih siap dalam menjalani praktik di lahan masing-masing.

            “Kegiatan ini rutin kami lakukan, sebagai pengantar mahasiswa akan menjalani praktik baik di Rumah Sakit ataupun Puskesmas. Dengan menghadirkan orangtua, kami berharap orangtua ikut berperan dalam memberikan dukungan ataupun motivasi, serta menyaksikan bahwa putra putrinya akan terjun ke masyarakat,” tutur Soekardjo

           

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Hanipan, SKM., M.Kes menyampaikan, dengan adanya mahasiswa kebidanan yang akan turun ke masyarakat dapat membantu pemerintah dalam memberikan edukasi serta pelayanan khususnya tentang kesehatan Ibu dan Balita.

Baca Juga: Stikes dan IBI Banyuwangi Gelar Bakti Sosial Peduli Bencana Semeru

“Saat ini, kami sedang berusaha untuk menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi di Banyuwangi. Dengan adanya mahasiswa kebidanan, mereka dapat mengambil peran,” ucapnya

            Hal senada juga disampaikan oleh Ketua IBI Banyuwangi, Bd. Hj. Yulianingsih, M.M.Kes, bidan merupakan ujung tombak dari keselematan ibu melahirkan serta bayi baru lahir. Melalui kegiatan praktik ini, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diberi sebaik mungkin.

“Selain itu, kami juga menitipkan nama organisasi profesi kepada adik-adik. Meskipun baru pertama kali praktik, mahasiswa dihimbau untuk dapat menjalankan etika seorang bidan di pelayanan kesehatan, serta menerapkan aturan-aturan institusi ataupun lahan praktik dengan baik,” ucap Yulianingsih.

Keberlangsungan acara ini juga didokumentasikan oleh SBTV yang dapat Anda tonton di bawah ini:

*(Humas)

Counter