Blog

Salat Idul Adha, Stikes Terapkan Protokol Kesehatan
Berita Utama

Salat Idul Adha, Stikes Terapkan Protokol Kesehatan

Masih adanya penularan virus corona di Kabupaten Banyuwangi tidak menyurutkan niat sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi untuk tetap melakukan pengabdian dan berbagi. Ditengah pandemi Covid 19, kampus kesehatan ini tetap menggelar rangkaian kegiatan hari raya Idul Adha 1441 H, yakni sholat tied berjamaah dan penyembelihan hewan kurban pada Jum’at (31/7) di halaman kampus Stikes. Dengan menerapkan protokol kesehatan, yang menjadi imam sekaligus khotib pada sholat ied ialah Ustadz Nur Kholis, LC, M.TH.I alumni Universitas Madinah.

        Ikhlas Bekti Dermawan, selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang mengelola rangkaian kegiatan idul adha menyampaikan bahwa sholat ied di Stikes Banyuwangi menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, yakni dengan mewajibkan para jamaah untuk menggunakan masker dan peralatan sholat mandiri. Saat memasuki wilayah kampus, jamaah akan dicek suhu tubuhnya dan dianjurkan untuk menggunakan handsanitizer.  Panitia kegiatan juga telah mengatur jarak shaf sholat antara jamaah satu dengan jamaah yang lainnya.

        “Alhamdulillah, dalam kondisi pandemi seperti ini kita atau sivitas akademika masih diberi kesempatan untuk melaksanakan kegiatan idul adha. Dengan segala keterbatasan, kita tidak berhenti melakukan koordinasi baik dengan dosen, mahasiswa ataupun antar organisasi yang ada di Stikes agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik namun terjaga keamanannya,” ungkap pria yang akrab dipanggil Ikhlas itu.

Proses penyembelihan hewan kurban di Stikes Banyuwangi, Jum’at (31/7).

        Terkait penyembelihan hewan kurban, lanjut Ikhlas, di tahun 2020 ini Stikes berkurban dua ekor sapi dan enam ekor kambing. Hewan tersebut merupakan hasil pengumpulan dana dari dosen, karyawan, serta BEM yang kemudian akan dibagikan kepada masyarakat sekitar lingkungan kampus. “Kita menargetkan 350 kantong daging untuk tahun ini, ternyata alhamdulillah kita melebihi target. Total yang dapat kita bagikan kepada masyarakat dan sivitas akademika sejumlah 405 kantong daging,” imbuhnya.

        Sementara itu, Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo mengaku bersyukur bahwa dirinya beserta sivitas akademika masih dapat melaksanakan kegiatan idul adha bersama. “Pandemi tidak menyurutkan kita untuk melaksanakan kegiatan idul adha, dengan mematuhi himbauan-himbauan dari pemerintah kegiatan idul adha di Stikes dapat berjalan dengan aman. Dan alhamdulillah, kita masih diberi rezeki untuk berbagi. Semoga ini dapat menjadi motivasi diri kita semua untuk tetap peduli pada sekitar,” pungkasnya. (Humas)

Leave your thought here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.