Blog

Stikes Banyuwangi Jalin Kerjasama Dengan Fakultas Keperawatan UNAIR
Berita Utama

Stikes Banyuwangi Jalin Kerjasama Dengan Fakultas Keperawatan UNAIR

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi, menambah jalinan kerjasama lintas institusi pendidikan tinggi. Kali ini, Kamis (7/10/2021) Stikes resmi bekerjasama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Penandatanganan berkas dilakukan di ruang rapat pimpinan FKP UNAIR oleh Ketua Stikes dan Dekan FKP UNAIR. Isi dari kerjasama tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengembangan karir serta pengembangan sumber daya manusia.

            Rombongan dari tim Stikes Banyuwangi yang hadir menyaksikan proses penandatanganan diantaranya, Ketua Stikes, Ketua Program Studi S1 Keperawatan dan D3 Keperawatan, Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) serta tim Humas. Sedangkan dari Universitas Airlangga, selain Dekan Fakultas turut hadir wakil dekan satu bidang akademik,kemahasiswaan dan alumni,  wakil dekan dua bidang sumberdaya manusia (SDM) dan keuangan, wakil dekan tiga tentang riset, publikasi, kolaborasi dan humas.

Penandatanganan MoU Stikes Bwi dengan FKP UNAIR
TEKEN : Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soeakardjo (kanan) dan Dekan FKP UNAIR, Prof. Dr. AH. Yusuf S, S.Kp., M.Kes (kiri) secara bersamaan melakukan penandatanganan MoU di ruang rapat pimpinan FKP UNAIR, Kamis (7/10/2021)

            Selain proses penandatanganan berkas MoU, juga digelar sesi diskusi terbuka antara Stikes Banyuwangi dan UNAIR. Banyak hal yang dibahas mulai persamaan persepsi kerjasama yang terjalin, sharing terkait proses akademik, sumberdayamanusia hingga prestasi. Bahkan pembahasan pengembangan karir juga didiskusikan, mengingat beberapa dosen Stikes merupakan alumni pasca sarjana di UNAIR.

            Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo mengaku senang dapat menjalin kerjasama dengan universitas ternama itu. Dirinya menjelaskan, bahwa adanya kerjasama lintas pendidikan tinggi juga memberikan manfaat yang besar demi keberlangsungan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

            “ Melalui kerjasama ini, kita bisa saling berbagi informasi dan berkolaborasi terkait pelaksanaan tri dharma, entah itu dalam bidang pendidikan, penelitian ataupun pengabdian masyarakat. Bahkan kita juga bisa bekerjasama dalam pengembangan sdm melalui kegiatan pelatihan, workshop, seminar, kuliah pakar ataupun kuliah tamu,” ujarnya

Baca Juga : Stikes dan IBI Banyuwangi Teken Perpanjangan Kerjasama

            Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FKP UNAIR, Prof. Dr. AH. Yusuf S, S.Kp., M.Kes. Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan memang diperlukan kolaborasi. Melalu kerjasama ini, dirinya berharap agar keduabelah pihak mendapatkan target yang diharapkan serta terjalin dengan baik dan berkelanjutan.

            “ Saya berharap, setelah adanya penandatanganan ini kedua pihak saling bergerak menyusun program dan rencana kedepan, ada time scedhule yang disusun bersama. Sehingga ada implementasi nyata yang terwujud dari kerjasama tersebut. Berharapnya tidak ada sleep MoU, masing-masing pihak melakukan tugasnya sesuai yang dibutuhkan,” ucapnya.

            Dihari yang sama, Stikes Banyuwangi juga berkesempatan mengunjungi kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Tujuan kehadiran Stikes masih terkait dengan kerjasama yang terjalin. Belum lama ini, Stikes Banyuwangi juga telah melakukan teken perpanjangan berkas kerjasama dengan BKKBN. Isiannya terkait penelitian dan pengabdian masyarakat yang berfokus dalam bidang kependudukan, kesehatan Ibu dan Anak serta KB.

            Ketua Stikes dan tim disambut hangat oleh Plt. Ketua Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Waluyo Ajeng Lukitowati, SST., MM. Dalam pertemuan tersebut juga banyak membahas program kerja yang dapat dikolaborasikan bersama antara Stikes dan BKKBN, bahkan juga menggandeng BBKBN yang ada di daerah setempat. Kedepannya, akan banyak program kerja yang melibatkan kehadiran BKKBN, lantaran pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi di Stikes selaras dengan program kerja yang ada di Stikes.

Kunjungan Kerjasama Stikes Bwi ke BKKBN Jawa Timur
FOTO BERSAMA : Ketua Stikes Banyuwangi menyerahkan bingkisan kepada Plt. Ketua Perwakilan BKKBN Jawa Timur Waluyo Ajeng Lukitowati SST., MM (jilbab coklat), didampingi oleh Humas Stikes, Ka PPM Stikes dan tim dari BKKBN

            Beberapa fokus pogram kerja yang digadang-gadang akan dijalankan yakni terkait pemberian edukasi serta bakti sosial pemasangan alat kontrasepsi, keterlibatan mahasiswa dalam program Mahasiswa Penting atau Mahasiswa Peduli Stunting dan lainnya.

Sejauh ini Stikes Banyuwangi juga telah menjalankan program kerja yang berkaitan poin-poin yang ada di BKKBN, seperti OSOC (One Student One Client). Progam ini berkaitan dengan pendampingan mahasiswa tehadap pasien ibu hamil sampai nifas, serta pemantauan pemenuhan gizi sehingga meminimalisir terjadinya anak lahir stunting.

            “ Banyak hal yang dapat kita agendakan bersama, mengingat Stikes Banyuwangi merupakan instansi pendidikan kesehatan, jadi saya rasa memang berkesinambungan. Semoga dapat berjalan dengan baik, lancar dan terus diperpanjang,” ucap perempuan yang akrab disapa Luki itu.

Silahkan ikuti akun Instagram kami, selain ada berita Stikes Banyuwangi terbaru juga dilengkapi informasi seputar kesehatan yang menarik dan pastinya memberikan manfaat. (Humas)

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by STIKES BANYUWANGI (@stikesbanyuwangi)

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter