Blog

Stikes dan IBI Banyuwangi Teken Perpanjangan Kerjasama
Berita Utama

Stikes dan IBI Banyuwangi Teken Perpanjangan Kerjasama

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Banyuwangi melakukan perpanjangan kerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Banyuwangi. Berkas MoU diteken langsung oleh DR. H. Soekardjo selaku ketua Stikes Banyuwangi dan Ibu Hj. Yulianingsih, SST., M.MKes selaku ketua IBI Banyuwangi pada Senin (4/10/2021) di ruang ketua Stikes Banyuwangi.

Penandatanganan-Berkas-Kerjasama-Stikes-Banyuwangi-dan-IBI-Banyuwangi
Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo dan Ketua IBI Banyuwangi, Hj. Yulianingsih, SST., M.MKes menandatangani berkas kerjasama, Senin (5/10/21) di ruang ketua Stikes.

          Dian Roshanti, S.Sos selaku ketua humas Stikes Banyuwangi menjelaskan, bahwa Stikes Banyuwangi telah menjalin kerjasama dengan IBI Banyuwangi sejak lama. Bentuk kerjasamanya tidak hanya berkaitan dengan keberadaan Stikes yang memiliki prodi kebidanan saja, melainkan juga mencakup tentang penempatan mahasiswa praktik di Bidan Praktek Mandiri (BPM), keanggotaan alumni di organisasi profesi, jenjang karir dan sebagainya.

          “Adanya perpanjangan kerjasama ini membuktikan bahwa implementasi dari kerjasama tersebut memberikan manfaat untuk kedua belah pihak,” tutur perempuan yang akrab disapa Shanti itu.

          Shanti menambahkan, Stikes Banyuwangi terus mengembangkan diri dalam menambah serta memperluas relasi hingga lintas sektor. Tidak hanya dengan instansi-instansi dalam negeri saja baik pemerintahan atau swasta namun juga dengan luar negeri. Tujuannya adalah untuk kemajuan dan peningkatan kualitas mutu pendidikan Stikes Banyuwangi.

          “Belum lama ini, kita juga baru saja menambah kerjasama dengan IBI Provinsi Jawa Timur. Selain berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga tentang peluang kerja bagi alumni kebidanan Stikes Banyuwangi, serta pengembangan sumberdaya manusia melalui pelatihan, seminar atau workshop. Khususnya bagi mahasiswa bidan Stikes dan secara umum juga untuk para tenaga bidan di Kabupaten Banyuwangi” imbuhnya

Baca Juga : Stikes Banyuwangi Jalin Kerjasama Dengan IBI Jawa Timur

          Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Stikes Banyuwangi, DR. H. Soekardjo. Menurutnya, Stikes sebagai instansi pendidikan yang memiliki program studi kebidanan memang diharuskan menggandeng organisasi profesi. Bahkan hal ini juga telah Stikes lakukan untuk program studi lainnya, seperti Gizi dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), teknologi laboratorium medik dengan Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI)  farmasi dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI dan lainnya.

          “Stikes dengan organisasi profesi itu adalah partner, kita saling menjadi bagian satu sama lain. Selama proses pendidikan kita pastinya juga akan berkolaborasi dengan organisasi profesi,” ucapnya.

          Sementara itu, Hj. Yulianingsih, SST., M.MKes selaku ketua IBI Cabang Banyuwangi menyambut perpanjangan kerjasama dengan Stikes Banyuwangi. Meskipun ini adalah tindak lanjut dari Ketua IBI periode sebelumnya, dirinya berharap kerjasama dengan Stikes dapat terus berjalan dengan baik terutama dalam hal peningkatan jenjang karir bidan.

          “Semoga dengan adanya kerjasama ini semakin memberikan manfaat untuk semua. Masih banyak para tenaga bidan yang harus meningkatkan jenjang pendidikannya ke S1 Kebidanan dan Profesi Bidan. Saya berharap, Stikes masih dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut, ” pungkasnya.

(Humas)

Leave your thought here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Counter