Blog

Tips Lancar Berkomukasi Melalui Chatting yang Wajib Diketahui
Serba Serbi

Tips Lancar Berkomukasi Melalui Chatting yang Wajib Diketahui

Hai Sobat SMART, Komunikasi merupakan kebutuhan dasar manusia sebagai makhluk sosial. Seringkali cara seseorang berkomunikasi menjadi standar kecakapannya dalam hal lainnya. Bahkan, etika berkomunikasi dapat menjadi ukuran sebagai image seseorang. Etika komunikasi yang baik, seseorang akan mendapat image yang baik pula.

Saat ini kecanggihan teknologi komunikasi berkembang dengan sangat pesat, untuk melakukan komunikasi manusia tidak lagi harus bertatap muka atau berkirim surat jika sedang berjauhan.

Salah satunya dengan melakukan komunikasi melalui smartphone digenggaman yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja selama jaringan internet dalam keadaan baik. Komunikasi ini sering disebut komunikasi daring, contohnya telepon, mengirim pesan atau chating dengan beragam platform (seperti whatsapp dan Telegram).

Bagi sebagian orang, ada yang masih merasa kaku atau malu apabila hendak berkomunikasi meskipun secara chatting. Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar komunikasi lancar yang akan diuraikan di bawah ini.

Berikut 7 Tips Lancar Berkomunikasi Via Chatting:

1. Pastikan nomor komunikan (nomor yang akan dituju)

Sebelum memulai percakapan kita harus memastikan nomor komunikan (pihak yang menerima pesan), apakah sudah sesuai nomor tersebut adalah orang yang akan kita hubungi, jika sudah dipastikan benar silahkan simpan kontak yang bersangkutan tersebut dengan nama asli jika itu seseorang yang penting misalkan dosen, guru atau kontak official instansi tertentu.

2. Perhatikan waktu

Saat akan melakukan percakapan kita perlu memerhatikan waktu, jika yang hendak kita hubungi adalah seseorang yang bersifat formal sebaiknya tidak dilakukan diwaktu-waktu istirahat supaya tidak menggaganggu waktu istirahatnya. Alangkah baiknya memperhatikan jam kerja pada umumnya

3. Gunakan bahasa yang baik dan sopan

Jika yang hendak kita hubungi adalah seseorang yang penting seperti dosen dan guru sebaiknya gunakan bahasa baku dan tidak menggunakan bahasa-bahasa gaul serta menggunakan singkatan-singkatan yang tidak semua orang tau arti dari singkatan tersebut. Hal lain yang perlu diingat ialah teknis penulisan text, dianjurkan penggunaan kapitalnya sesuai dengan aturan, tidak bercampur huruf besar dan kecil. Contoh yang salah “pErMisi B4paK, saYa NamiRaH”.

Baca Juga: 5 Poin Penting, Etika Bermedia Sosial Wajib Diketahui

4. Jangan Lupakan salam pembuka

Ucapkan salam pembuka saat memulai percakapan, misalnya “Assalamualaikum” atau “Selamat pagi/siang/sore” Jangan membuka percakapan dengan huruf “P” saja. Hal itu terkesan tidak sopan dan membuat penerima pesan enggan untuk membalas.

5. Perkenalkan diri

Kita perlu memperkenalkan diri, apabila pesan yang kita kirim merupakan pesan pertama diantara kita dengan orang yang kita hubungi. Jangan lupa juga untuk menyebutkan nama dan asalnya. Contoh jika hendak menghubungi dosen atau guru perkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap dan asal kelas atau program studi. Jangan menggunakan nama panggilan karena tidak semua orang tau dengan nama panggilan kita. Dan mereka bukan buku telepon yang selalu menyimpan nomor kontak kita pada ponselnya.

6. Ucapkan permintaan maaf dan jelaskan tujuan mengirim pesan

Sebelum menuliskan maksud dari mengirim pesan sampaikan permohonan maaf karena mengganggu aktivitasnya, dan sampaikan tujuan mengirim pesan secara singkat dan langsung kepada intinya (to the point) karena tidak semua orang mempunyai waktu luang untuk membaca pesan kita jika terlalu panjang dan bertele-tele.

7. Salam Penutup

Setelah maksud dari berkirim pesan disampaikan akhiri pesan dengan ucapan terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca dan membalas pesan kita.

Berikut contoh berkirim pesan melalui aplikasi whatsapp kepada sebuah Perguruan Tinggi dengan tujuan bertanya terkait penerimaan mahasiswa baru.

Contoh isi pesan melalui chatting yang baik dan benar

Berikut contoh format pesan yang baik dan benar untuk chatting:

“Selamat Pagi STIKES Banyuwangi,

Perkenalkan saya dengan Muhammad Ilham, mohon maaf mengganggu waktunya.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui website resmi STIKES Banyuwangi (www.stikesbanyuwangi.ac.id) saat ini kampus STIKES Banyuwangi telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun 2023/2024, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Pendaftaran pada periode ini akan dibuka sampai kapan? Sekaligus mohon informasi terkait biaya pendidikan untuk program studi D4 Teknologi Laboratotium Medik. Saya berminat dengan program studi tersebut tetapi saya masih belum paham betul terkait jenjang karir dan peluang kerja setelah lulus nanti. Atas perhatian dan responnya saya sampaikan terima kasih.”

*Ema Rizky Novida – Staff Humas Stikes Banyuwangi

Counter

arenadewa arenadewa https://viral-arenadewa.com/promotion/ https://viral-arenadewa.com/register/ arenamega omega138 omega138 tntslot tntslot https://online-tntslot.com/promotion/ https://online-tntslot.com/register/ https://lib.unismuhluwuk.ac.id/wp-json/ https://snbs.unipasby.ac.id/public/joker123/ https://jurnalmahasiswa.unipasby.ac.id/lib/-/redux/ https://fish.unipasby.ac.id/visi/ https://ft.unipasby.ac.id/ftek/ https://simpekabpsdm.kemendagri.go.id/xmaxwin/ http://pmb.poltrisdha.ac.id/uploads/files/ https://digilib.stiemuttaqien.ac.id/assets/uploads/files/ https://dummy.smadwiwarna.sch.id/siswa/kelasipa/ https://fikes.umc.ac.id/wp-content/website/xbet/ https://fh.umc.ac.id/wp-content/website/x777/ https://stikesbanyuwangi.ac.id/wp-content/arenamega/ https://pusdati.darulfattah.ac.id/webservice/arenamega/ https://stikes.adila.ac.id/wp-content/mega/ https://bsilhk.menlhk.go.id/bsilhk/ https://uktk.ukm.unair.ac.id/uploads/tnt/ https://dishub.banjarbarukota.go.id/wp-content/maintenance/mega/